Berbagai Kebiasaan Yang Bikin Cepat Tua

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Feb. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat

Berbagai Kebiasaan Yang Bikin Cepat Tua,- Ada sebagian orang yang terlihat lebih muda dari usianya. Sebaliknya, ada juga orang yang masih muda tapi sering dikira lebih tua. Penuaan memang merupakan hal yang tidak bisa dihindari, namun seberapa cepat anda menua tergantung pada gaya hidup dan kebiasaan anda.

Berbagai Kebiasaan Yang Bikin Cepat Tua

cepat tua

1.Stress yang berlebihan

Stress tidak hanya dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental dan emosional, namun juga berdampak pada kondisi fisik, salah satunya membuat kamu cepat tua dari yang seharusnya. Pekerjaan adalah sumber stress bagi banyak orang, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan mempercepat penuaan sel. Tips untuk melepas stress dengan cara relaksasi seperti mendengarkan musik yang menyenangkan, menambahkan aromaterapi di ruang kerja anda atau di kamar tidur, melakukan meditasi, yoga dan lain-lain.

2.Kurang tidur

Tidur merupakan waktu dimana sel-sel tubuh, termasuk sel kulit untuk melakukan regenerasi atau perbaikan. Pada saat beraktivitas di luar rumah di siang hari, sel-sel kulit sudah berjuang melawan paparan sinar dari matahari dan radikal bebas. Oleh sebab itu, di perlukan waktu tidur yang cukup agar sel-sel kulit dapat melakukan perbaikan. Kurangnya tidur akan menyebabkan proses regenerasi sel terganggu sehingga menyebabkan penuaan dini yang ditandai denga kulit wajah yang kusam dan munculnya lingkaran hitam pada area mata.

Selain itu juga, posisi tidur sangat  berpengaruh terhadap penuaan pada wajah. Tidur dengan posisi menyaping dan tengkurap membuat beban kepala bertumbu pada wajah dan membuat kulit wajah terus tertekan. Posisi terlentang merupakan posisi terbaik untuk tetap menjaga kekencangan kulit wajah.

3.Kurang olahraga

Kurang olahraga akan menyebabkan menurunkan kebugaran tubuh, yang pada akhirnya akan mempercepat proses penuaan pada kulit. Oleh sebab itu, olahraga teratur diperlukan untuk menurunkan resiko terjadinya penuaan dini. Selain it memperlambant penuaan, manfaat dari olahraga secara teratur adalah dapat menambah panjang umur hingga 10 tahun. Setidaknya 30 menit setelah bangun tidur di pagi hari setiap hari nya.

4.Pola makan yang tidak sehat

Apabila kamu suka mengkonsumsi makanan instan dan gorengan, maka harus mulai mengimbanginya dengan mengkonsumsi sayur dna buah. Sayur dan buah kaya akan antioksidan yang berperan penting untuk menangkal radikal bebas yang dapat mempercepat kerusakan sel-sel dalam tubuh, termasuk kulit. Kerusakan sel kulit ini dapat berupa munculnya garis-garis halus atau keriput dan flek hitam pada kulit. Dengan mengkonsumsi  sayur-sayuran dan buah-buahan segar secara rutin setiap hari, kamu dapat memperlambat proses penuaan pada tubuhmu dan menurunkan resiko terkena berbagai jenis kanker. Beberapa jenis sayuran untuk kulit sehat wortel, mentimun, selada, brokoli, bayam dan sebagainya.

5.Tidak menerapkan pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup yang tiak sehat seperti kebiasaan merokok dan minum minuman yang beralkohol. Kebiasaan minum minuman yang beralkohol sapat membuat anda cepat tua, sebab alkohol buruk karena melebarkan pembuluh darah di kulit. Hal ini dapat menyebabkan aliran darah di permukaan kulit dan selama periode waktu akan merubah dan membuat kulit memerah dan bengkak.

Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat mempercepat proses penuaan. hal ini karena paparan dari asap rokok secara langsung dapat membuat kulit kering dan lebih cepat keriput.

6.Minum menggunakan sedotan

Minum dengan menggunakan sedotan akan berdampak negatif bagi kesehatan kulit wajah. Gerakan mengerutkan bibir ke depan saat menyedor dapat menimbulkan garis-garis halus di sekitar bibir. Apabila sering dilakukan, hal tersebut membuat kulit bibir menjadi tegang dan semakin memperdalam serta memperjelas lipatan-lipatan bibir.

7.Tidur tanpa menghapus make-up

Setelah beraktivitas di luar rumah, mungkin anda seringkali merasa malas untuk menghapus riasan pada wajah. Namun kebiasaan tersebut menjadi salah satu penyebab cepat tua sebelum waktunya. Debu dan polusi yang menempel di kulit pada saat kamu berada diluar rumah dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, flek hitam, dll. Jadi jangan lupa untuk selalu mencuci dan membersihkan wajah sebelum tidur.

8.Sabun

Meski anda berpikir bahwa sabun adalah teman terbaik kulit, ini tidak benar. Sebab kulit mempunyai lapisan asam yang merupakan pelindung alami. Hati-hatilah dalam memilih sabun, sabun yang mengandung alkali akan membuang lapisan pelindung yang mengandung minyak tersebut dan mengeringkan kulit, yang pada akhirnya membuat kulit keriput. Cobalah menggunakan sabun dengan PH-netral dan sabun tanpa bahan kimia, dan perlu diingat jangan berlebihan membersihkan kulit.

9.Mengabaikan perawatan kulit

Perawatan kulit secara rutin dapat menjadi salah satu untuk memperlambat terjadinya penuaan dini apda kulit. Tidak perlu perawatan kulit yang mahal, kamu bisa melakukannya sendiri dengan cara yang sangat mudah. Misalnya selalu menggunakan krim malam sebelum tidur untuk menjaga kelembaan kulit dan mempercepat proses regenerasi sel.

Selain itu, pastikan pula tidak melewatkan tabir surya saat akan beraktivitas di luar rumah. Sinar UV dari matahari menjadi penyebab utama terjadinya penuaan dini pada kulit sepertu munculnya kerutan halus, flek hitam dan pori-pori kulit semakin membesar. Gunakanlah krim wajah dan lotion tabir surya yang mengandung SPF sebagai pelindung dari bahaya sinar UV.

10.Mendengarkan musik dengan suara keras

Tanda-tanda penuaan dini bukan hanya terjadi pada kulit, namun juga pada organ-organ tubuh lain seperti telinga yang ditandai dengan semakin menurunnya kemampuan telinga dalam mendengarkan. Penuaan dini pada telinga ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya diantaranya mendengarkan musik dengan suara yang keras. Selain itu, bila mendengarkan musik dilakukan dalam waktu lama dan secara terus-menerus , maka akan meningkatkan resiko gangguan pendengaran dini. Apalagi bila mendengarkannya menggunakan headset. Nah untuk menghindari dampak yang ditimbulkannya, gunakanlah speaker untuk mendengarkan musik dalam volume yang besar.

Demikian beberapa kebiasan yang bikin anda cepat tua, semoga artikel yang kami berikan dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi website kami tips sehat online.

Sumber : ( https://blog.tokopedia.com/ dan willyseo.blogspot.com )

Berbagai Kebiasaan Yang Bikin Cepat Tua Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berbagai Kebiasaan Yang Bikin Cepat Tua,- Ada sebagian orang yang terlihat lebih muda dari usianya. Sebaliknya, ada juga orang yang masih muda tapi sering dikira lebih tua. Penuaan memang merupakan hal yang tidak bisa...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *