Beragam Manfaat Daun Asam Jawa Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Feb. 2017 Kategori manfaat

Tumbuhan asam adalah tumbuhan yang sudah tudak asing lagi bagi masyarakat indonesia sebab memang banyak ditemukan. Bahkan buah asam terutama asam jawa sering dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Tidak hanya buah asam jawa saja bisa dimanfaatkan, tapi daunnya pun bisa dimanfaatkan. Banyak manfaat daun asam jawa bagi kesehatan.

Beragam Manfaat Daun Asam Jawa Bagi Kesehatan

Beragam Manfaat Daun Asam Jawa Bagi Kesehatan

Mengurangi masalah peradangan

Salah satu manfaat daun asam jawa bagi kesehatan adalah membantu mengurangi masalah peradangan. Karena daun asam jawa memiliki senyawa anti-inflamasi yang bisa meredakan radang.

Mengurangi rasa sakit serta kram ketika menstruasi

Daun asam jawa memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi rasa nyeri. Sehingga daun asam jawa ini bisa dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengalami kram dan nyeri ketika menstruasi. Cara mengolah daun asam jawa adalah merebus buah dan daun asam jawa.

Mengatasi sakit gusi dan gigi

Daun asam jawa juga bermanfaat untuk mengatasi sakit gusi dan gigi. Hal ini dikarenakan daun asam jawa memiliki kandungan asam askorbat dan antioksidan tinggi sehingga dapat mengobati permasalahan yang ada didalam organ mulut.

Daun asam jawa juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan memiliki zat antiseptik sehingga dapat membantu membersihkan rongga mulut.

Mengobati penyakit kuning

Daun asam jawa bisa dijadikan sebagai obat penyakit kuning. Karena daun asam jawa mempunyai senyawa yang dapat meningkatkan fungsi kinerja organ hati dan organ inilah yang menjadi penyakit kuning.

Mengobati penyakit diabetes

Daun asam juga bisa dijadikan obat diabetes. Karena daun asam juga bisa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Sehingga daun asam jawa bisa bermanfaat untuk mengobati diabetes.

Mengobati malaria

Penyebab penyakit malaria adalah gigitan nyamuk anopheles, gigitan nyamuk malaria tersebut meninggalkan bakteri. Untuk menghilangkan bakteri tersebut, anda bisa mengonsumsi daun asam jawa. Karena daun asam jawa memiliki kandungan anti bakteri yang membantu mengurangi penyebaran dan menghilangkan bakteri.

Mengobati panas atau demam

Daun asam jawa bisa dijadikan sebagai obat panas alami. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan daun asam jawa dan adas pulawaras yang telah dicuci bersih. Kemudian rebus. Saring dan minum ramuan ini 2 kali sehari sampai demam atau panas anda turun.

Mengatasi rematik

Daun asam jawa juga bisa dijadikan sebagai obat rematik. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu tumbuk beberapa daun asam jawa dan beberapa biji asam jawa. Bila tumbukan ramuan tersebut telah jadi, oleskan pada bagian tubuh yang sakit karena rematik.

Mengatasi batuk

Batuk dapat mengganggu karena batuk bisa membuat gatal pada tenggorokan. Untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan bahan alami dari daun asam jawa. Karena daun asam jawa bisa mengobati batuk.

Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan beberapa helai daun asam jawa dan setengah genggam daun saga. Cuci dengan bersig, setelah dicuci rebus kedua bahan tersebut dengan 4 gelas air putih. Rebus sampai mendidih sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah matang, saring dan minum dalam keadaan hangat.

Mengobati asma

Daun asam jawa juga bermanfaat untuk mengobati asma. Cara mengolah daun asam jawa untuk mengobati asma adalahsediakan 2 tangkai daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya. Cuci terlebih dahulu, kemudian rebus kedua bahan tersebut sampai mendidih. Setelah dingin saring ramuan tersebut dan minum ramuannya 2 kali dalam sehari.

Itulah beberapa manfaat daun asam jawa bagi kesehatan. Bila mengalami penyakit asma, batuk, penyakit kuning, sakit gigi, sakit gusi, rematik, diabetes, mengalami masalah peradangan, demam atau panas dan nyeri serta kram ketika menstruasi, anda bisa menggunakan daun asam jawa. Cara mengolahnya sudah dijelaskan diatas.

Semoga dapat bermanfaat

Beragam Manfaat Daun Asam Jawa Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tumbuhan asam adalah tumbuhan yang sudah tudak asing lagi bagi masyarakat indonesia sebab memang banyak ditemukan. Bahkan buah asam terutama asam jawa sering dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Tidak hanya buah asam jawa saja bisa...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *