Benarkah Nasi Membuat Diet Anda Gagal?

Diposkan oleh : pada tanggal 6 Nov. 2017 Kategori Makanan Sehat

Diet dilakukan oleh mereka yang ingin mengatur kembali bagaimana pola makan, dan membentuk tubuh agar lebih ideal. Namun sayangnya, terkadang sebagian besar orang-orang “salah jalan” ketika melakukan diet. Akibatnya, mereka jatuh sakit, diet yang tidak sesuai harapan, kekurangan gizi dll.

Benarkah Nasi Membuat Diet Anda Gagal

Tidak hanya itu, terkadang mereka menghindari nasi putih yang sayangnya sering “dituduh” sebagai salah satu penyebab kenaikan berat badan. Tidak seperti sumber karbohidrat lainnya, saat menjalani program diet, Anda juga sering disarankan untuk menghindari konsumsi nasi putih dan menggantinya dengan kentang rebus. Lalu apa perbedaan yang dilihat dari nasi putih padahal keduanya sama sama sumber karbohidrat?

Pada dasarnya, beras untuk nasi putih berasal dari biji beras terbaik yang kemudian menjadikannya sebagai salah satu jenis makanan kaya manfaat dengan gizi tinggi. Di dalamnya memiliki kandungan protein dan tidak ada kandungan lemak. Akan tetapi, dalam proses pengolahannya lah banyak dari kandungan penting beras yang berkurang. Proses ini meningkatkan umur simpan dari beras putih, namun menghilangkan banyak nutrisi, diantaranya serat, vitamin, dan mineral. Hal inilah yang kemudian menyebabkan nasi putih kurang baik untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Alternatif pengganti nasi putih tidak hanya kentang rebus, tapi ada nasi merah. Jenis nasi ini dianggap lebih sehat dibandingkan nasi putih sebab kadar serat yang dimiliki nasi merah jauh lebih tinggi. Setelah nasi merah dimasak, nasi merah memiliki kandungan serat 6 kali lebih tinggi dibanding dengan nasi putih.

Jenis karbohidrat yang terdapat pada nasi putih dan nasi merah pun ternyata memiliki perbedaan. Jenis karbohidrat dalam nasi putih sebagian besar dalam bentuk pati (starch), yang tersusun dari amilose dan amilopektin. Perbedaan kadar amilose dan amilopektin ini berpengaruh terhadap tekstur dan kemudahan nasi putih untuk dicerna. Nasi putih yang lebih tinggi kadar amilosenya, tidak akan lengket setelah dimasak. Amilose memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga gula darah pun meningkat secara perlahan.

Senyawa tersebut sebenarnya termasuk salah satu jenis dari serat yang menyehatkan sebab termasuk sumber makanan yang baik untuk bakteri-bakteri ‘baik’ di dalam usus yang akan memicu pengeluaran sinyal ‘kenyang’ ke otak, sehingga seseorang berhenti makan. Sebaliknya, pada jenis nasi putih dengan kadar amilose yang rendah dan amilopektin tinggi membuatnya lengket setelah dimasak. Nasi jenis ini lebih mudah dicerna, tetapi akan membuat gula darah cepat meningkat, khususnya pada penderita diabetes.

Dari penjelasan berikut, hal diantaranyalah yang akhirnya membuat beberapa jenis nasi putih sebaiknya dihindari, karena dapat memicu lonjakan kadar gula dalam darah. Akan tetapi, terkait apakah nasi putih dapat membuat berat badan Anda meningkat, itu tergantung pada jenis beras yang dikonsumsi.

Tips untuk Anda, jika sedang menjalani diet dan susah untuk meninggalkan nasi, coba tetap mengkonsumsi namun kombinasikan dengan makanan berserat tinggi seperti buah dan sayuran.

Semoga bermanfaat, salam!

Posted by Hani.

Benarkah Nasi Membuat Diet Anda Gagal? Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Diet dilakukan oleh mereka yang ingin mengatur kembali bagaimana pola makan, dan membentuk tubuh agar lebih ideal. Namun sayangnya, terkadang sebagian besar orang-orang “salah jalan” ketika melakukan diet. Akibatnya, mereka jatuh sakit, diet yang...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *