Benarkah Anak Kembar Selalu Terserang Penyakit yang Sama ?

Diposkan oleh : pada tanggal 12 Jan. 2018 Kategori Anak dan Kehamilan kesehatan

Benarkah Anak Kembar Selalu Terserang Penyakit yang Sama ?,- Tidak sedikit pasangan yang ingin memiliki anak kembar, alasannya pun beragam seperti agar anak langsung memiliki teman, biar seru, atau ingin cepat membentuk keluarga yang besar. Namun, kelahiran bayi kembar sering menyisakan misteri dan keajaiban.

Secara medis, kelahiran bayi kembar sudah bukan lagi menjadi misteri. Ada penjelasan mengapa ada kelahiran dua atau lebih manusia yang secara fisik sangat mirip (identik) ataupun tidak (tidak identik).

Meskipun demikian, masih banyak mitos yang berkembang seputar bayi kembar, salah satunya yaitu jika salah satu bayi sakit, maka kembarannya pun akan sakit.

Benarkah anak kembar selalu terserang penyakit yang sama ?

Terbentuk dari satu sel telur yang dibuahi, kembar identik memiliki materi genetik yang serupa yang diturunkan dari kedua orangtuanya. Namun, kembar identik juga memiliki perbedaan, seperti masalah kesehatan yang dimiliki.

Sebuah penelitian di King’s College London menunjukkan bahwa jarang sekali kembar yang meninggal karena penyakit yang sama. Pada penelitian lebih lanjut, ditemukan bahwa orang yang kembar identik memiliki masalah kesehatan yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh senyawa kimia yang menempel pada DNA, bernama epigenome.

Epigenome memiliki fungsi untuk mengatur bagaimana gen didalam DNA diekspresikan. Faktor eksternal atau lingkungan di luar tubuh, contohnya seperti pola makan dan paparan polusi dapat memengaruhi epigenome.

Bahkan, kembar identik bisa memiliki toleransi yang berbeda pada rasa sakit karena pengaruh epigenome tersebut di tingkat sel. Ketika salah satu anak kembar mengalami suatu penyakit, maka belum tentu saudara kembarnya terkena penyakit yang sama, seperti pada penyakit diabetes, kanker payudara, hingga masalah kesehatan mental seperti depresi.

Jadi, meskipun memiliki kemiripan secara fisik, anak kembar belum tenti memiliki masalah kesehatan yang sama. Hal ini terjadi karena proses terjadinya suatu penyakit tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik, tetapi juga faktor-faktor lainnya yang begitu rumit.

By Sri Maryati

Benarkah Anak Kembar Selalu Terserang Penyakit yang Sama ? Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Benarkah Anak Kembar Selalu Terserang Penyakit yang Sama ?,- Tidak sedikit pasangan yang ingin memiliki anak kembar, alasannya pun beragam seperti agar anak langsung memiliki teman, biar seru, atau ingin cepat membentuk keluarga yang...
Anak dan Kehamilan kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *