Beberapa Sayuran Paling Tinggi Nutrisi

Diposkan oleh : pada tanggal 12 Dec. 2014 Kategori Makanan Sehat

Selamat datang di website kami tips sehat online, kali ini kami akan memberikan informasi tentang beberapa sayuran paling tinggi nutrisi. Sayuran terdiri dari beberapa nutrisi penting yang secara alami menyehatkan tubuh. Sayuran berpotensi untuk membersihkan tubuh dari racun dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Tubuh kita membutuhkan pasokan konstan nutrisi agar dapat berfungsi dengan tepat. Sayuran adalah sumber nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Diantara sekian banyak sayuran di seluruh dunia, tentu ada berada pada tingkat tertinggi dalam hal nutrisi. Berikut ini beberapa sayuran yang paling tinggi nutrisi.

sayuran 3

Beberapa Sayuran Paling Tinggi Nutrisi

1).Brokoli

Brokoli dijuluki sebagai sayuran ajaib, karena sayuran ini mampu mencegah kanker dalam tubuh. Brokoli juga mengandung banyak asam folat dan kalsium sehingga bagus untuk ibu hamil dan penderita anemia. Memasak brokoli cukup dengan merebus sebentar saja atau dengan cara mengukusnya sehingga vitamin dan nutrisinya tidak akan hilang.

2).Bunga Kol

Bunga kol segar rendah kalori yaitu hanya 26 kalori, namun sayuran ini merupakan sumber kaya antioksidan dan vitamin, selain sangat rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol. Bunga kol mengandung beberapa fitokimia antikanker seperti sulforaphane dan sterol seperti indole-3 carbinol, yang sepertinya berfungsi sebagai anti estrogen. Senyawa ini secara bersama-sama telah terbukti bermanfaat untuk mencegah kanker prostat, payudara, leher rahim, usus besar, kanker ovarium, berdasarkan sifat penghambat pertumbuhan sel kanker (efek sitotoksik).

3).Kentang

Kentang adalah sayuran sumber kaya akan pati, dan juga mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Kentang menyediakan 70 kalori per 100 g, namun sangat sedikit lemak ( hanya 0,1 g per 100 g ). Serat dalam kentang terdiri dari serat larut dan tidak larut, yang secara alami akan membantu mengatasi sembelit dan menjaga kesehatan pencernaan. Kentang juga sumber tertinggi vitamin B-kompleks seperti piridoksin (vitamin B6), thiamin, niacin, asam pantotenat dan folat. Kentang segar dengan kulitnya merupakan sumber vitamin antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, antioksidan dan flavonoid yaitu quercetin, karoten dan zeaxanthins yang terbukti bersifat antikanker dna melindungi kardiovaskuler. Hal ini juga mengandung cukup banyak mineral penting seperti zat besi, mangan, magnesium, fosfor, tembaga dan kalium.

4).Bayam

Bayam benar-benar memberikan kita nutrisi dan tenaga. Bayam mengandung vitamin A dan vitamin C. Jadi bayam bisa membantu kesehatan mata kita dan sangat bagus untuk kesehatan kulit. Karatenoid dalam bayam diketahui bisa mencegah sel kanker. Selain itu, bayam juga mengandung banyak kalium yang sangat bagus dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

5).Selada

Selada mengandung nutrisi tinggi. Selada dikatakan mengandung vitamin A, B dan C. Selain itu sayuran ini mengandung banyak asam folat, mangan dna kromium. Tidak hanya itu, kandungan zat besi dalam selada sangat bagus untuk pembentukan sel darah dan kandungan magensium didalamnya juga sangat bagus untuk kesehatan saraf dan otak.

6).Kecambah

Kecambah atau tauge adalah sayuran yang tidak asing lagi bagi kita, kalau anda suka memasak mie pasti kecambah menjadi sayuran enaknya. Kecambah paling bagus dimakan sebagai lalapan atau sebagai cemilan, agar nutrisinya tetap ada dan tidak hilang. Nutrisi yang paling banyak dalam kecambah adalah vitamin C, vitamin A, B dan E, kalsium zat besi dan kalium.

7).Kubis

Kubis juga termasuk sayuran yang sangat sarat akan nutrisi. Kubis banyak mengandung vitamin A yang bagus bagi kesehatan mata. Selain itu juga sayuran ini sangat bagus untuk kesehatan paru-paru, perut, dan kanker prostat. Cobalah makan kubia secara mentah dan rasakan manfaatnya.

8).Mentimun

Mentimun sangat tinggi kadar air dan rendah kalori (15 kalori per 100 g), tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Kulit mentimun adalah sumber tinggi serat, yang membantu mengurangi sembelit dan perlindungan terhadap kanker usus besar dengan cara menghilangkan senyawa beracun dari usus. Mentimun adalah sumber kalium yang snagat baik sari kalium. Kalium adalah elektrolit yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi yaitu karena sifatnya yang melawan efek dari sodium. Mentimun juga adalah sumber antioksidan seperti betakaroten dan alfakaroten, vitamin C, A, zea xanthin dan lutein. Tentu kita sudah tidak asing dengan manfaat antioksidan yaitu terutama untuk mencegah kerusakan sel akibat dari radikal bebas.

Sumber : ( www.kesekolah.com dan www.carakhasiatmanfaat.com )

Beberapa Sayuran Paling Tinggi Nutrisi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Selamat datang di website kami tips sehat online, kali ini kami akan memberikan informasi tentang beberapa sayuran paling tinggi nutrisi. Sayuran terdiri dari beberapa nutrisi penting yang secara alami menyehatkan tubuh. Sayuran berpotensi untuk...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *