Beberapa Makanan Yang Mengandung Protein Nabati

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Dec. 2014 Kategori Makanan Sehat

Beberapa Makanan Yang Mengandung Protein Nabati,-Protein adalah salah satu pilar diet sehat kita selain lemak dan karbohidrat. Namun tidak seperti halnya dengan lemak dan karbohidrat, sumber utama protein pada umumnya adalah sumber hewani. Protein hewani pada umumnya lebih lengkap dan lebih tinggi, dibandingkan protein yang terdapat dari sumber nabati. Akan tetapi protein nabati lebih relatif sehat karena tidak mengandung kolesterol dan juga rendah lemak. Makanan yang mengandung protein nabati yang bisa anda gunakan sebagai menu pelengkap harian anda.

makanan yang mengandung protein nabati

Beberapa Makanan Yang Mengandung Protein Nabati

1).Kedelai

Kedelai memang merupakan salah satu makanan sumber protein yang cukup bagus, setengah cangkir kedelai mengandung  gram protein sedangkan susu kedelai mengandung 7 gram protein per cangkir. Kedelai dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan seperti tahu, tempe, yogurt, ice cream, dan susu kedelai yang kaya akan nutrisi. Selain itu banyak produk olahan tahu dansusu kedelai yang diperkaya dengan nutrisi lain yang dibutuhkan seperti kalsium, zat besi dan vitamin B12.

2).Kacang polong

Makanan dalam keluarga merupakan sumber protein yang baik bagi vegetarian, termasuk juga kacang polong. Satu cangkir kacang polong mengandung 7,9 gram protein yang hampir sama dengan satu cangkir susu.

3).Kacang-kacangan

Semua kacang-kacangan mengandung lemak sehat dan juga protein. Seperti kacang almond mengandung 6 gram protein per ons nya, yang membuatnya sangat baik dikonsumsi untuk para vegetarian. Akan tetapi selain kaya akan protein beberapa jenis kacang mengandung kalori yang cukup tinggi seperti almond, kacang mete dan pistachio.

4).Quinoa

Seluruh biji-bijian pada dasarnya merupakan sumber protein, akan tetapi yang paling baik diantara yang adalah quinoa. Tidak seperti banyak sumber vegetarian, quinoa mengandung semua asam amino esensial, membuatnya menjadi protein lengkap. Hanya satu cangkir quinoa yang dimasak mengandung 18 gram protein serta 9 gram serat.

5).Kacang merah

Kacang ini biasanya dikonsumsi ketika sudah benar-benar masak berupa kacang kering. Di indonesia sendiri, kacang merah yang sudah dikeringkan umumnya dimasak berbagai olahan makanan seperti bubur, sup, atau campuran sayur. Kacang merah sekarang ini juga sudah dijadikan sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi diatas 6 bulan. Dua cangkir kacang merah mengandung sekitar 26 gram protein.

6).Gandum

Endosperma merupakan bagian terbesar dari biji gandum (80-83%) yang banyak mengandung protein, pati dan air. Pada proses penggilingan bagian inilah yang diambil sebanyak-banyaknya untuk diubah menjadi tepung terigu dengan tingkat kehalusan tertentu. Pada bagian ini zat abu yang kandungannya akan semakin kecil bila mendekati inti dan semakin besar bila mendekati kulit. Selain kaya kandungan protein, gandum juga mengandung serat tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencenaan.

7).Labu

Labu mengandung 9,35 gram protein, jumlah tersebut melebihi kandungan protein dalam daging sapi. Labu memiliki kandungan protein yang tinggi dan nutrisi yang lengkap sehingga menjadikannya sebagai tambahan yang bagus untuk setiap salad atau makanan ringan. Selain dagingnya, biji labu juga kaya akan nutrisi penting seperti mangan, fosfor, tembaga, vitamin K, vitamin E, vitamin B seperti thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, vitamin B – 6 (pyridoxine), kalsium, besi, magnesium, zinc, dan selenium.

8).Kembang kol

Sayuran yang satu ini mengandung protein juga merupakan sumber yang baik dan vitamin C, mangan, glucosinolates (glucoraphin), vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (pyridoxine), dan B9 (asam folat), fosfor dan kalium, indole3- carbinol(indikasi kuat melawan kanker) dan masih banyak lagi. Nah bagi anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan anda bisa memasukan kembang kol kedalam menu makanan untuk diet sehat anda.

9).Jagung

Apakah direbus atau kalengan, jagung menyediakan 5 gram protein per cangkir. Selain itu, jagung juga mengandung banyak serat dan dapat ditambahkan ke hampir semua jenis hidangan tanpa harus mengorbankan integrasi dari makanan. Jagung lezat sebagai sup, salad atau dimakan setelah direbus.

10).Buncis

Anda akan mendapatkan 8 gram protein dari setiap porsi buncis yang anda konsumsi. Buncis lezat dapat ditambahkan kedalam sup atau salad untuk menambah energi yang cepat.

11).Bayam

Satu porsi bayam menawarkan 13 gram protein, yang cukup untuk beberapa jam setelah anda mengkonsumsinya. Bayam juga kaya akan kandungan zat besi, dimana yang penting untuk membantu mengedarkan oksigen dalam darah kesuluruh tubuh.

Demikian beberapa makanan yang mengandung protein nabati, yang bisa sumber alternatif selain daging. Namun sebaiknya anda masih mendapatkan protein dari sumber hewani, bila anda tidak suka daging bisa memilih makan ikan. Jadi jangan pernah untuk melewatkan makanan sumber protein. Dan kami ucapkan terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online.

Sumber: (khasiatmanfaatsehat.blogspot.com , www.tipscaraterbaik.com)

Beberapa Makanan Yang Mengandung Protein Nabati Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Beberapa Makanan Yang Mengandung Protein Nabati,-Protein adalah salah satu pilar diet sehat kita selain lemak dan karbohidrat. Namun tidak seperti halnya dengan lemak dan karbohidrat, sumber utama protein pada umumnya adalah sumber hewani. Protein...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *