Bahaya yang Bisa Timbul Jika Anak Kekurangan Vitamin A

Diposkan oleh : pada tanggal 29 Aug. 2016 Kategori Anak dan Kehamilan

Agustus merupakan bulan vitamin A yang dicanangkan sebagai waktu pemberian kapsul vitamin A dosis tinggi untuk anak berusia 6-59 bulan. Pemerintah secara aktif menggagas dan menjalankan program ini setiap tahunnya, terlebih mengingat fatalnya bahaya yang bisa timbul jika anak kekurangan vitamin A.

Bahaya yang Bisa Timbul Jika Anak Kekurangan Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu vitamin penting yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga berperan dalam melindungi dinding usus agar mampu menjalankan fungsinya secara optimal dan juga dibutuhkan dalam mengisi sel-sel pada pembentukan tulang gigi.

Bahaya yang Bisa Timbul Jika Anak Kekurangan Vitamin A

Kekurangan vitamin A pada anak dan balita merupakan penyebab utama dari kejadian penyakit gangguan penglihatan berat yang sebenarnya dapat dicegah. Pada awal tahun 1990, WHO memperkirakan bahwa sekitar 3 juta anak-anak diseluruh dunia setiap tahunnya mengalami Xeroftalmia, yaitu suatu gangguan penglihatan akibat kekurangan vitamin A. Gejalanya bisa berupa terjadinya rabun senja (sulit melihat pada waktu senja), timbulnya bercak putih pada mata, mata tampak keruh, dan mata kering.

Selain itu, kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi berat hingga kematian, khususnya akibat penyakit infeksi yang berupa campak dan diare. Hal ini disebabkan karena vitamin A dapat meningkatkan kekebalan tubuh anak. Penyakit infeksi berat, seperti campak dan diare merupakan momok bagi balita, karena sistem pertahanan tubuhnya yang masih belum sempurna.

Baca Juga : Tips Agar Duduk Seharian Tidak Berbahaya Bagi Kesehatan

Kekurangan vitamin A pada anak perempuan dapat meningkatkan risiko terserang penyakit anemia akibat kekurangan zat besi. Hal ini akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak. Sedangkan pada wanita dewasa, dampaknya bisa berupa gangguan proses kehamilan serta laktasi (menyusui). Bahaya kekurangan vitamin A pada aank yang lainn yaitu adanya gangguan pertumbuhan tulan serta kelainan pertumbuhan sel dan jaringan pada tubuh.

Secara keseluruhan, kekurangan vitamin A bisa berdampak pada terjadinya gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Mengingat begitu banyaknya bahaya yang bisa timbul jika anak kekurangan vitamin A, maka para orangtua tidak boleh melewatkan kesempatan bulan vitamin A ini. Segera dapatkan kapsul vitamin A untuk si kecil dan jangan lupa juga untuk memenuhi asupan vitamin A yang rutin untuk menjaga kesehatan anak.

Bahaya yang Bisa Timbul Jika Anak Kekurangan Vitamin A Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Agustus merupakan bulan vitamin A yang dicanangkan sebagai waktu pemberian kapsul vitamin A dosis tinggi untuk anak berusia 6-59 bulan. Pemerintah secara aktif menggagas dan menjalankan program ini setiap tahunnya, terlebih mengingat fatalnya bahaya...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *