Bahaya Terlalu Lama Duduk

Diposkan oleh : pada tanggal 10 Aug. 2015 Kategori Masalah Kesehatan

Bahaya Duduk Terlalu Lama,- Kehidupan yang serba mudah di era digital memang berdampak positif dalam hal mempercepat semua pekerjaan seseorang. Namun, tidak berdampak positif pada peningkatan kualitas kesehatan pada tubuh anda. Hal ini dikarenakan, rutinitas yang kita lakukan banyak dilakukan didepan komputer ataupun laptop yang mengharuskan seseorang untuk duduk dalam waktu yang relatif lama.

Terlalu duduk terlalu lama memiliki dampak buruk yang bisa menyebabkan kesehatan mental yang buruk. Bahaya duduk terlalu lama dapat memicu risiko kesehatan. Saat anda duduk lama, enzim pembakar lemak pada otot-otot berhenti bekerja. Hal ini dapat menyebabkan kadar koleterol melonjak, begitu juga risiko terkena penyakit jantung.

bahay duduk terlalu lama bagi kesehatan

Bahaya Terlalu Lama Duduk

1.Kolesterol tinggi.

Terlalu lama duduk memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyebabkan gangguan dalam metabolisme yang mengakibatkan peningkatan kadar trigliserida plasma, menolak kadar high density lipoprotein kolesterol dan pada saat yang sama penurunan sensitivitas insulin.

2.Obesitas

Duduk berjam-jam berbahaya buat kesehatan. Bahaya terlalu lama duduk tidak mengeluarkan energi karena otot tubuh tidak dimanfaatkan sepenuhnya. Selain itu meminimalkan pembakaran kalori.

3.Sakit jantung

Otot-otot hanya bisa membakar lebih sedikit lemak dan aliran darah lebih malas karena kelamaan duduk.  Ini akan membiarkan asam lemak menyumbat jantung. Orang dengan gaya hidup yang menetap berisiko mengalami penyakit kardiovaskular.

4.Diabetes

Duduk berjam-jam hanya akan merugikan kemampuan tubuh dalam menangani gula darah. Ini menyebabkan sensitivitas insulin berkurang. Insulin bertanggung jawab membawa glukosa dari darah kedalam sel dan kemudian digunakan untuk energi.

5.Sindrom metabolik

Penelitian terbaru menunjukan sindrom metabolik ialah dampak buruk dari cara hidup menetap. Duduk dalam jangka waktu lama berkontribusi dalam resiko sindrom metabolik.

6.Sakit punggung

Duduk berjam-jam bisa menjadi penyebab utama sakit punggung. Bahkan bisa mengubah keteguhan tulang belakang dan menambah risiko cedera punggung bawah.

7.Fleksibilitas tulang belakang

Ketika tidak ada pergerakan di tulang ini bisa rentang terjadi kerusakan. Ketika anda melakukan aktivitas, disk lembut ditulang belakang berkembang. Tetapi, saat duduk saja maka disk dikompresi dengan tidak merata.

8.Gangguan kaki

Duduk akan memperlambat sirkulasi darah. Hal ini bisa menjadi alasan cairan berkumpul di kaki. Dan beberapa masalah kesehatan mulai dari pergelangan kaki bengkak mengalami varises.

9.Pinggul sejajar

Bila anda duduk selama berjam-jam, anda cenderung menempatkan banyak tekanan di pinggul, lutut dan tulang belakang yang menyebabkan kelemahan.

10.Mati rasa

Duduk dalam posisi yang sama dapat melukai saraf dan dapat menyebabkan anda merasakan ketidaknyamanan dan mati rasa.

Demikian artikel kali ini tentang bahaya terlalu lama duduk, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi website tips sehat online.

Bahaya Terlalu Lama Duduk Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bahaya Duduk Terlalu Lama,- Kehidupan yang serba mudah di era digital memang berdampak positif dalam hal mempercepat semua pekerjaan seseorang. Namun, tidak berdampak positif pada peningkatan kualitas kesehatan pada tubuh anda. Hal ini dikarenakan,...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *