Bahaya Penggunaan Headset Bagi Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 29 Dec. 2015 Kategori Tips Sehat

Tips Sehat Online,- Banyak anak muda yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik favorit mereka dari perangkat handphone, PSP, MP3 atau MP4 player dengan perantara headset handphone terbaru. Penggunaan headset untuk mendengarkan musik secara berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada telinga. Lebih parahnya lagi, jika hal ini terus dibiarkan, maka potensi kerusakan otak juga dapat bertambah.

Baca Juga: Mengenal jenis-jenis gaya renang serta manfaatnya

Belum lama ini, berita dari Filipina ada seorang wanita tewas di atas tempat tidurnya. Wanita malang ini dibunuh oleh headsetnya sendiri dalam tidurnya. Seseorang mengatakan, wanita tersebut mengecas ponselnya sambil mengenakan headset ditelinga dan tertidur. Ketika wanita tertidur pulas, ponsel yang terhubung dengan charger terlalu panas, sehingga terbakar dan arus listrikpun mengalir ke telinganya melalui headset yang terhubung.

Dari berita tersebut telah nyata terbukti, bahaya penggunaan headset saat tidur. Bukan hanya itu, headset juga bila digunakan dengan suara yang keras dapat membahayakan kesehatan telinga bahkan otak. Berikut ini Bahaya Penggunaan Headset Bagi Kesehatan.

Bahaya Penggunaan Headset Bagi Kesehatan

Bahaya Penggunaan Headset Bagi Kesehatan Telinga dan Otak

  • Kerusakan telinga permanen

Suara yang keras dari headset atau earphone dan penggunaan yang terus menerus dapat membuat telinga mengalami kerusakan. Selain itu juga, dapat menimbulkan gendang telinga pecah yang dapat menurunkan pendengaran bahkan menyebabkan tuli.

  • Kehilangan pendengaran di usia muda

Mendengarkan musik dengan suara yang keras dapat membuat kehilangan pendengaran di usia muda. Ada baiknya untuk memberikan jeda beberapa waktu supaya telinga kita bisa terbiasa kembali dengan keadaan default. Jika tidak, ketegangan telinga akibat musik keras akan terus berlangsung sehingga dapat menimbulkan kerusakan telinga permanen.

  • Ambang Pendengaran Penggunaan

Jika di saat biasa kita dapat mendengar suatu hal dari jarak yang cukup jauh, namun dengan berubahnya ambang pendengaran, maka kita hanya bisa mendengar suara dengan jelas ketika jaraknya sudah cukup dekat.

  • Kerusakan Otak

Earphone atau headset dapat memancarkan gelombang elektromagnetik tersendiri serta radiasi, sehingga hal ini memicu kerusakan otak.

  • Infeksi telinga

Penggunaan Earphone in Ear Monitor (IEM) memiliki resiko tinggi untuk membuat telinga terinfeksi. Hal ini dikarenakan oleh mekanisme penggunaan earphone yang masuk ke dalam rongga telinga. Jika earphone yang digunakan tidak bersih, maka potensi terjadi radang pada rongga telinga semakin besar.

Ada baiknya anda tidak meminjamkan IEM anda ke orang lain. Ditakutkan bakteri yang ada di telinga ikut berpindah ke earphone anda. Jika sudah terkena infeksi, maka telinga akan terasa gatal, dan dapat mengurangi pendengaran anda.

Itulah beberapa bahaya penggunaan headset atau earphone bagi kesehatan otak dan telinga. Semoga bermanfaat

| Bahaya Penggunaan Headset Bagi Kesehatan

Bahaya Penggunaan Headset Bagi Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Banyak anak muda yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik favorit mereka dari perangkat handphone, PSP, MP3 atau MP4 player dengan perantara headset handphone terbaru. Penggunaan headset untuk mendengarkan musik secara berlebih dapat...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *