Bahaya Menggunakan Tusuk Gigi Setelah Makan

Diposkan oleh : pada tanggal 16 May. 2017 Kategori kesehatan

Ketika makan, kita mungkin pernah atau bahkan sering mengalami kondisi dimana sisa-sisa makanan tersangkut di gigi, terutama jika gigi berlubang. Untuk mengatasi hal tesebut, ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai darikumur-kumur, sikat gigi, hingga menggunakan tusuk gigi.

Penggunaan tusuk gigi lebih banyak dipilih, karena lebih simpel dan mudah tanpa harus pergi ke kamar mandi atau tempat lainnya. Namun, sayangnya penggunaan tusuk gigi ini dianggap tidak sehat menurut para ahli. Terlalu sering menggunakan tusuk gigi dapat menimbulkan bahaya bagi gigi dan gusi.

Berikut ini beberapa bahaya menggunakan tusuk gigi setelah makan yang perlu diketahui, diantaranya adalah :

  • Kerusakan email gigi

Menggunakan tusuk gigi, tanpa sengaja dan disadari juga kita sering mengunyah tusuk gigi yang terbuat dari plastik atau kayu. Hal ini bisa menyebabkan email gigi mengalami kerusakan.

  • Penyebab gusi berdarah

Penggunaan tusuk gigi untuk menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di gigi akan menyebabkan pendarahan pada area gusi. Jika ini sering dilakukan, maka bisa menyebabkan kerusakan pada seluruh gigi.

  • Kerusakan akar gigi

Tanpa disadari, penggunaan tusuk gigi juga dapat merusak area akar gigi. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dalam beberapa kasus.

  • Ruang antara gigi

Ketika tusuk gigi sering digunakan ditempat yang sama, maka ini akan menciptakan ruang diantara gigi. Hal ini akan memperbesar kemungkinan makanan terjebak diantaranya dan mengakibatkan pembentukan rongga.

  • Nafas berbau

Umumnya tusuk gigi digunakan untuk menghilangkan makanan yang terjebak diantara gigi. Namun, ketika makanan berada di celah gigi dalam waktu yang lama dan terangkat dengan menggunakan tusuk gigi, maka hal ini akan menimbulkan bau tidak sedap pada mulut.

  • Infeksi

Jika sesekali, Anda boleh menggunakan tusuk gigi dengan hati-hati. Namun, jika digunakan terlalu sering dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi gusi. Jika terjadi luka paa gusi, dikhawatirkan hal akan menjadi infeksi.

By Sri Maryati

Bahaya Menggunakan Tusuk Gigi Setelah Makan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ketika makan, kita mungkin pernah atau bahkan sering mengalami kondisi dimana sisa-sisa makanan tersangkut di gigi, terutama jika gigi berlubang. Untuk mengatasi hal tesebut, ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai darikumur-kumur, sikat gigi,...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *