Bahaya Menggunakan Behel Gigi Secara Sembarangan

Diposkan oleh : pada tanggal 14 Sep. 2017 Kategori Masalah Kesehatan

Behel atau kawat gigi telah dikenal pemakaiannya sejak lama. Pada mulanya behel gipakai untuk membuat tampilan gigi lebih rapih dan behel pun berfungsi untuk faktor kesehatan lainnya. Namun seiring perkembangan jaman, behel mulai berkembang kegunaannya. Bahkan sebagian orang memakai behel hanya untuk gaya. Padahal bila mengunakan behel sembarangan atau behel palsu akan berbahaya.

Bahaya Menggunakan Behel Gigi Secara Sembarangan

Bahaya Menggunakan Behel Gigi Yang Harus Diketahui

Gigi goyah

Menggunakan behel gigi akan berbahaya bila behel yang digunakan adalah behel sembarangan atau behel palsu. Dan salah satu bahaya menggunakan behel gigi secara sembarangan adalah berisiko membuat gigi goyah.

Memunculkan bakteri dan kuman

Bahaya menggunakan behel secara sembarangan yaitu bisa memunculkan lebih banyak kuman dan bakteri yang bersarang di dalam mulut. Menggunakan behel bisa menjadi hal memudahkan bakteri untuk bertahan hidup du dalam mulut kita. Oleh karena itu,bagi anda yang menggunakan behel sebaiknya rajin menggunakan obat kumur, supaya bakteri dan kuman tidak akan mudah berkembang biak.

Karang gigi

Bahaya menggunakan behel secara sembarangan juga bisa memunculkan karang gigi lebih cepat. Penyebabnya ialah karena area kurung logam terutama dibawah sulit dibersihkan sehingga otomatis sisa makanan yang masuk ke dalam mulut terakumulasi di sana. Penumpukan plak juga tidak terhindarkan dan inilah yang menjadi risiko bagi pengguna behel logam.

Alergi

Saat banyak orang yang memakai behel, ada saja yang berulah untuk memproduksi behel palsu dan membuatnya dari bahan yang benar-benar tidak tepat. Bukan hanya behel palsu, behel biasa yang terbuat dari logam pun berbahaya sebab dapat memicu reaksi alergi pada pemakainya.

Di dalam logam terkandung kromium, nikel dan tembaga. Kira-kira 30% pasien ortodontis yang sesudah memakai behel logam mengalami alergi.

Memakai behel boleh-boleh saja, asalkan pemasangan behelnya pada ahlinya. Karena bila pemasangan tidak pada ahlinya, maka bisa menyebabkan pergeseran gigi-gigi pada rahang atas atau bawah yang menjadi tidak normal. Dan gigi rahang diatas tersebut tidak bisa menggigit sempurna dengan gigi-gigi di rahang bawah maupun sebaliknya.

Baca juga:

Tips Mudah Merawat Gigi Sensitif

Bahaya Menggunakan Behel Gigi Secara Sembarangan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Behel atau kawat gigi telah dikenal pemakaiannya sejak lama. Pada mulanya behel gipakai untuk membuat tampilan gigi lebih rapih dan behel pun berfungsi untuk faktor kesehatan lainnya. Namun seiring perkembangan jaman, behel mulai berkembang...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *