Bahaya Menahan Bersin

Diposkan oleh : pada tanggal 20 May. 2015 Kategori Gaya Hidup Sehat Tips Sehat

Tips sehat online,- Bersin merupakan kegiatan positif karena berfungsi membersihkan rongga antara mulut, hidung tenggorokan yang biasa disebut dengan faring. Ketika bersin, kuman dan bakteri juga ikut keluar dari dalam tubuh yang membuat kondisi hidung tetap akan bersin. Maka jangan heran ada kalanya kita bersin berulang-ulang.

Namun, tahukah anda akibat fatal yang ditimbulkan dari menahan bersin? Berikut ini bahaya menahan bersin

Bahaya Menahan Bersin

bahaya menahan bersin
Sebagian orang mencoba menahan bersin dengan cara menekan hidung mereka sehingga keinginan untuk bersin menjadi hilang. Ternyata, menahan bersin justru bisa menjadi masalah yang serius jika sering dilakukan.

Kecepatan bersin yang dimiliki manusia adalah 161 km/jam, sehingga jika seseorang menahan untuk bersin maka tubuh harus menahan kecepatan tersebut secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi fungsi tubuh dan menyebabkan kuman yang seharusnya dikeluarkan malah masuk kembali. Berikut ini Akibat bahaya menahan bersin:

  1. Terjadinya emfisema, dimana kondisi ini menyebabkan retina terlepas dan juga bisa membatasi pasokan udara yang masuk ke paru-paru kita. Gejala ini ditandai dengan leher atau wajah yang bengkak serta terasa tidak nyaman.
  2. Dengan menahan bersin yang kecepatannya kurang lebig 161 km/jam. Jika kita menahannya berarti tubuh kita menahan kecepatan 161 km/jam dan itu dapat menyebabkan mimisan, pecahnya gendang telinga.
  3. pembuluh darah di bagian putih mata akan pecah. Hal itu bisa menyebabkan memar pada bagian putih mata di sekitar iris.
  4. Anda juga berisiko terkena gangguan pendengaran dan vertigo karena tekanan udara yang masuk ke telinga bisa memecah gendang telinga atau cidera pada bagian dalam telinga.
  5. Cidera pada diafragma
  6. Pembuluh darah pada otak akan melemah dan bisa pecah karena meningkatnya tekanan darah.

Pada intinya, bersin dapat menjaga tubuh agar tetap sehat karena aktivitas ini merupakan bagian penting dari proses kekebalan tubuh. Jika anda bersin, maka anda akan membersihkan hidung dari bakteri dan virus.

Untuk membantu seseorang agar mudah bersin bisa dengan cara melihat cahaya terang. Hal ini dapat merangsang otak yang melintasi jalur pusat bersin. Selain itu, iritasi yang terjadi di saraf terdekat pusat bersin juga dapat memicu seseorang untuk bersin.

Jadi, jangan pernah menahan bersin untuk menghindari beberapa bahaya menahan bersin. Tapi jangan lupa untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan saat bersin supaya bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan bagi orang lain.

 

 

 

| Bahaya Menahan Bersin

Bahaya Menahan Bersin Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips sehat online,- Bersin merupakan kegiatan positif karena berfungsi membersihkan rongga antara mulut, hidung tenggorokan yang biasa disebut dengan faring. Ketika bersin, kuman dan bakteri juga ikut keluar dari dalam tubuh yang membuat kondisi...
Gaya Hidup Sehat Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *