Bahaya Dibalik Tradisi Tiup Lilin saat Ulang Tahun

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Aug. 2017 Kategori kesehatan

Bahaya Dibalik Tradisi Tiup Lilin saat Ulang Tahun,- Sebuah perayaan ulang tahun tidak lengkap rasanya tanpa adanya kue yang berhias lilin. Bahkan, meniup lilin yang berada di atas kue menjadi tradisi yang sangat melekat dengan perayaan ulang tahun. Hal ini bertujuan agar doa dan keinginan kita tercapai jika meniup lilin sambil menutup mata.

Namun, perlu diketahui, ternyata tersimpan bahaya dibalik tradisi tiup lilin saat ulang tahun tersebut. Meskipun terlihat menyenangkan, namun pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan meniup lilin di atas kue ulang tahun ini berisiko menyebarkan berbagai macam bakteri dari mulut pada permukaan kue.

Sebuah tim peneliti di Clemson University di South Carolina menemukan bahaw saat meniup lilin di atas kue ulang tahun air liur yang menyebar dapat meningkatakn jumlah bakteri hampir 1.400%.

Seorang profesor di universitas tersebut, Dr. Paul Dawson, melakukan penelitian dengan sekelompok mahasiswa sarjana untuk memberikan wawasan baru soal keamanan pangan. DIa mendapat ide untuk penelitian ini dari pengalamannya sendiri sebagai seorang ayah.

“Saya mendapat ide itu dari anak perempuan saya dalam sebuah obrolan makan malam yang santai saat saya menjelaskan proyek tersebut kepadanya,” katanya kepada Daily Mail Online.

Dalam uji cobanya, Dawson menjelaskan bahwa mereka memberikan pizza pada responden seperti halnya kebiasaan pada perayaan ulang tahun. Tujuan lainnya yaitu untuk membantu dalam produksi kelenjar ludah. Setelah itu, ia meletakkan frosting atau krim olesan kue pada sepotong alumunium foil yang diatasnya diberi lilin.

Setelah lilin tersebut ditiup, para peneliti langsung menghitung jumlah bakteri dengan cara mengencerkan frosting dengan air yang steril dari bakteri. Kemudian, langkah selanjutnya yaitu meletakkan cairan tersebut pada wadah agar bisa melihat proses pertumbuhan bakterinya.

Tim peneliti menemukan bahwa ada banyak bakteri, namun yang lebih mengherankan, setiap tiupan menghasilkan berbagai jenis bakteri yang berbeda. Rata-rata, tiupan lilin menyebabkan pertumbuhan bakteri sebanyak 14 kali di frosting. Namun, dalam satu kasus, meningkat lebih dari 120 kali, menunjukkan beberapa orang mentransfer lebih banyak bakteri daripada yang lain.

Walaupun begitu, Dawson menyebutkan bahwa kita tidak perlu khasatir secara berlebihan mengenai hasil penelitiannya. Karena seseorang yang mengonsumsi kue ulang tahun yang sudah ditiup lilinnya oleh orang lain akan tetap sehat dan tidak menyebabkan sakit. Hal ini disebabkan karena bakteri yang berasal dari mulut manusia mayoritas tidak membahayakan. Asalkan sistem kekebalan tubuh kita dalam kondisi yang baik.

By Sri Maryati

Bahaya Dibalik Tradisi Tiup Lilin saat Ulang Tahun Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bahaya Dibalik Tradisi Tiup Lilin saat Ulang Tahun,- Sebuah perayaan ulang tahun tidak lengkap rasanya tanpa adanya kue yang berhias lilin. Bahkan, meniup lilin yang berada di atas kue menjadi tradisi yang sangat melekat dengan...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *