Bahan Kimia Berbahaya dalam Kosmetik

Diposkan oleh : pada tanggal 13 Oct. 2014 Kategori Masalah Kesehatan

Tips Sehat Online,- Kosmetik memang menjadi salah satu kebutuhan untuk sebagian besar wanita. Namun apakah semua jenis kosmetik tersebut aman digunakan ? tentunya belum tentu aman. Untuk itu anda harus cermat dan hati-hati dalam memilih beragam kosmetik dengan mengetahui bahan atau zat yang terkandung di dalamnya.

Bahan Kimia Berbahaya dalam Kosmetik

bahan kimia dalam kosmetik

Hal yang paling penting adalah dengan mengetahui berbagai Bahan Kimia Berbahaya dalam Kosmetik sehingga anda sebisa mungkin untuk dapat menghindari pemakaian kosmetik yang mengandnng bahan kimia berbahaya tersebut. Diantara bahan kimia berbahaya dalam kosmetik, diantaranya :

  1. Antibakteri,- antibakteri seperti triclosan banyak sekali digunakan pada berbagai macam produk seperti sabun, seodoran, pasta gigi, dll. Namun anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya keran sifatnya yang mudah diserap oleh kulit dan diketahui beracun atau karsinogenik di alam. Penelitian juga menunjukan jika sifat anti-bakteri ini dapat mengganggu fungsi testosteron pada sel dan dapat merusak beberap bakteri baik.
  2. Butil Asetat,- merupakan bahan yang biasa digunakan dalam penghalus kuku dan poles kuku. Penggunaan butil asetat yang dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan kulit retak atau kering. Selain itu, terlalu banyak menghirup uap butil asetat dapat menyebabkan pusing atau ngantuk.
  3. Kationik Surfaktan,- bahan kimia yang digunakan dalam Conditioner rambut atau pelunak yang memiliki muatan listrik positif. Ketika digunakan secara teratur, Kationik Surfaktan dapat merusak rambut dan membuat mereka kering dan rapuh. Alih-alih mendapatkan rambut indah, rambut akan menjadi rusak apabila terlalu sering digunakan.
  4. Coal Tar (tar batubara),- bahan kimia berbahaya lainnya yang umum digunakan di banyak shampo-ketombe dan krim anti anti-gatal. Ditemukan bahwa bahan kimia ini bersifat carcinogenic ketika masuk di bawah kulit.
  5. Diethanolamine (DEA),- digunakan dengan DEA cocamide dan DEA lauramide, sebagai pengemulsi dan pembuat busa dalam banyak produk perawatan pribadi seperti shampo, krim cukur, lotion pelembab kulit, dan sabun bayi. Hal ini bersifat carcinogenic dalam alam dan bertindak sebagai penghancur hormon dan vitamin di dalam tubuh.
  6. Formaldehida,- salah satu bahan kimia berbahaya lain yang umum digunakan dalam sabun mandi bayi, poles kuku, perekat dan pewarna rambut bulu mata.Jika terus digunakan dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti keracunan sistem kekebalan tubuh, iritasi pernafasan dan bahkan kanker.
  7. Zat Merkuri (raksa),- banyak ditemukan di produk kecantikan yang fungsinya untuk memutihkan kulit. Banyak juga ditemui pada produk seperti mascara. Penggunaan bahan ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti alergi, iritasi kulit, kerusakan saraf, dll.
  8. Partikel Nano khususnya zinc oxide dan titanium dioxide,- biasanya digunakan dalam lotion tabir surya dan krim. Partikel ini dengan mudah dapat menembus kulit dan menghancurkan sel-sel otak.
  9. Petroleum Distillates (parafin cair),- produk yang berasal dari destilasi minyak bumi. Banyak digunakan dalam banyak kosmetik seperti mascaras, bubuk bau kaki, dll. Sifatnya carcinogen bagi tubuh manusia.
  10. Talc,- bahan kimia beracun yang digunakan dalam kosmetik seperti eye shadow, blush, deodoran, sabun, dengan fungsi untuk menyerap kelembaban. Namun ternyata Zat bersifat sebagai karsinogen salah satunya Talc ini juga diketahui menyebabkan kanker ovarium dan tumor paru-paru.

Itulah beberapa zat atau bahan berbahaya yang biasanya anda temukan dalam berbagai jenis kosmetik atau sabun. Untuk itu, lebih cermat dan bijaklah dalam memilih produk !

Sumber ( https://id-id.facebook.com/notes/gracy-skin-care/ )

Bahan Kimia Berbahaya dalam Kosmetik Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat Online,- Kosmetik memang menjadi salah satu kebutuhan untuk sebagian besar wanita. Namun apakah semua jenis kosmetik tersebut aman digunakan ? tentunya belum tentu aman. Untuk itu anda harus cermat dan hati-hati dalam...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *