Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa Bantu Cegah Alergi pada Anak

Diposkan oleh : pada tanggal 17 Nov. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan manfaat tips

Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa Bantu Cegah Alergi pada Anak,- Anak-anak memiliki kekebalan tubuh yang lemah, maka tidak heran jika mereka lebih rentan terserang oleh berbagai penyakit. Alergi adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup banyak dialami oleh si kecil.

Alergi merupakan reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap bahan tertentu. Ketika anak menderita alergi, orangtua cenderung sering merasa khawatir dan panik. Hal ini disebabkan karena alergi yang dipicu oleh alergen bisa timbul sewaktu-waktu.

Ada banyak hal yang bisa memicu timbulnya alergi pada anak, mulai dari makanan dan minuman tertentu (seperti susu, telur, ikan, kacang-kacangan, dll), debu, bulu binatang, dan lainnya. Gejala yang ditimbulkan akibat reaksi alergi pada anak bisa berupa gatal-gatal dan ruam di kulit, batuk, gangguan pencernaan, dan sesak napas. Maka dari itu, ibu harus waspada jika anak menunjukkan beberapa gejala tersebut, dan segeralah bawa anak ke dokter untuk mengetahui penyebabnya secara pasti.

Alergi yang dialami oleh anak sebenarnya bisa diatasi dengan menghindari penyebab alergi dan pemberian obat alergi atau obat antihistamin. Namun, selain itu juga ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah alergi. Bahan-bahan alami ini memang cukup banyak dimanfaatkan untuk membantu mengobati alergi, khususnya pada anak. Karena selain dinilai lebih aman, bahan-bahan alami ini cukup mudah ditemukan dan banyak terdapat di sekeliling kita, bahkan juga bisa kita temukan di dapur.

Ada banyak bahan-bahan dapur yang bisa kita manfaatkan sebagai salah satu solusi pencegahan alergi, dianatranya adalah :

Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu pereda alergi yang sederhana. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengkombinasikan jeruk nipis dengan segelas air hangat atau madu dan dikonsumsi secara rutin.

Cuka apel

Saat ini, cuka apel bisa Anda peroleh dengan mudah. Mengonsumsi satu sendok teh cuka apel dengan segelas air dapat meredakan hidung yang tersumbat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan cuka apel dengan jus lemon untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Kunyit

Bumbu dapur ini sangat mudah ditemui dan biasanya sering digunakan sebagai bahan untuk memasak. Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, kunyit juga diketahui memiliki efek melegakan pernapasan dan meredakan gejala alergi.

Madu

Cairan manis ini memiliki efek yang baik bagi tubuh. Gejala alergi bisa berkurang dengan mengonsumsinya setiap hari.

Butterbur

Butterbur merupakan sejenis tumbuhan yang dikenal dapat meringankan gejala alergi, terutama terhadap serbuk sari. Bahan alami ini memiliki efek penghambat leukotrien, sehingga mencegah penyumbatan hidung. Penelitian menegnai butterbur ini ditulis dalam British Medical Journal.

Meskipun memiliki manfaat yang dapat membantu mencegah dan mengatasi alergi, namun beberapa bahan alami tersebut ternyata juga dapat menimbulkan alergi, sehingga Anda harus berhati-hati dalam penggunaannya.

Pencegahan alergi terbaik adalah dengan menghindari alergen dan menjaga kesehatan tubuh secara umum. Sebelum menggunakan bahan-bahan alami yang telah disebutkan diatas, alangkah baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati

Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa Bantu Cegah Alergi pada Anak Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa Bantu Cegah Alergi pada Anak,- Anak-anak memiliki kekebalan tubuh yang lemah, maka tidak heran jika mereka lebih rentan terserang oleh berbagai penyakit. Alergi adalah salah satu gangguan kesehatan yang...
Anak dan Kehamilan manfaat tips - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *