Bahan Alami untuk Atasi Nyeri Telinga Setelah Berenang

Diposkan oleh : pada tanggal 7 Dec. 2016 Kategori Tips Sehat

Melakukan oalhraga, terutama olahraga air memang sangat menyenangkan dan juga menyehatkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hobi yang sering Anda lakukan ini justru menimbulkan risiko gangguan kesehatan. Dalam hal ini lindungi telinga dari kondisi yang bisa membahayakan.

bahan-alami-untuk-atasi-nyeri-telinga-setelah-berenang1

Waspadai air yang masuk ke telinga ketika berenang kemudian dibiarkan lama begitu saja. Kondisi ini dapat menimbulkan kondisi lembab di dalam telinga yang mebuat bakteri dapat tumbuh subur. Perhatikan juga ketika Anda merasakan sakit pada telinga saat menyelam.

Bagi mereka yang sangat aktif dan rutin berenang, tidak jarang berenang akan membuat telinga merasa nyeri atau sakit. Nyeri ini sendiri bisa terjadi karena adanya tekanan di dalam air atau karena telinga kemasukan air yang mengandung bakteri, kuman ataupun jamur.

Untuk mengatasi nyeri telinga setelah berenang, ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan, diantaranya :

  • Cuka

Bahan alami ini bisa digunakan untuk mengobati nyeri pada telinga. Nutrisi dan antioksidan serta zat asam yang terkadnung didalam cuka bisa membunuh bakteri dengan baik. Nutrisi ini juga bisa meredakan nyeri atau sakit. Cara mendapatkan manfaat dari cuka ini cukup mudah. Ambil beberapa sendok cuka kemudian campur dengan beberapa sendok alkohol. Teteskan larutan 2 hingga 3 tetes larutan tersebut ke telinga untuk meredakan dan mengobati nyeri pada telinga.

  • Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu antimikroba dan antikumamn yang bisa membunuh bakteri dengan cepat. Termasuk segala bakteri yang mengakibatkan telinga menjadi sakit atau nyeri. Cara memanfaatkan bawang putih untuk mengobati nyeri telinga ini adalah dengan memotong kecil-kecil 5 siung bawnag putih. Kemudian campurkan dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan hangatkan sebentar. Dinginkan dan tetskan minyak yang telah dicampur dengan bawang putih tersebut ke telinga. Lakukan terapi ini setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Bawang merah

Selain bawang putih, bawnag merah juga memiliki fungsi untuk meredakan nyeri telinga yang terjadi akibat infeksi setelah berenang atau karena terlalu banyak menggunakan earphone. Nutrisi yang terkandung di dalam bawang merah ini juga bisa membunuh bakteri di telinga yang menjadi penyebab nyeri. Cara memanfaatkan bawang merah sendiri cukup mudah. Yaitu, kita hanya perlu memanggang atau memanaskan bawang merah hingga kemuar minyaknya. Tunggu hingga minyaknya dingin, kemudian teteskan ke telinga. Lakukan cara ini secara rutin setiap pagi untuk membuat nyeri di telinga perlahan mereda dan sembuh.

By. Sri

Bahan Alami untuk Atasi Nyeri Telinga Setelah Berenang Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Melakukan oalhraga, terutama olahraga air memang sangat menyenangkan dan juga menyehatkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hobi yang sering Anda lakukan ini justru menimbulkan risiko gangguan kesehatan. Dalam hal ini lindungi...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *