Awas, Obesitas Menjadi Pemicu Penyakit Tulang

Diposkan oleh : pada tanggal 28 Sep. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Salah satu masalah kesehatan pada tulang yang sering dikeluhkan masyarakat Indonesia adalah osteoarthritis atau nyeri sendi yang merupakan penyakit yang membuat penderitanya sering merasakan nyeri bahkan mengakibatkan terjadinya disabilitas. Jika sudah parah, penyakit ini dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Menurut spesialis ortopedi dan traumatologi dari Rumah Sakit Jakarta, dr Adrian W Tarigan SpOT, orang-orang yang berisiko terkena penyakit nyeri sendi adalah pria maupun wanita yang mengalami obesitas, wanita yang sudah menopouse, orang yang melakukan olahraga berat, serta orang dengan kelainan struktural kaki dan lutut tertentu.

Cara pencegahan yang dianjurkan sang dokter, antara lain, menjaga berat badan agar tidak obesitas, rajin melakukan stretching atau peregangan sebelum berolahraga, serta yang tak kalah penting adalah menjaga asupan nutrisi seimbang. Namun, bagi mereka yang sudah terlanjur menderita penyakit ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, konsumsi obat yang dianjurkan, dan bila perlu lakukan operasi.

Cara Mencegah Osteoarthritis

obesitas-menjadi-pemicu-penyakit-tulang

Menurut dr Adrian W Tarigan SpOT, untuk mencegah penyakit osteoarthritis sebaiknya pasien perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini, di antaranya, adalah:

Menjaga berat badan
Hal ini bertujuan agar tulang sendi tidak menopang berat berlebihan dari tubuh kita, sehingga tetap menjaga berat badan yang ideal dirasa sangat penting dilakukan.

Rutin berolahraga
Olahraga penting dilakukan untuk melatih peregangan otot dan sendi agar tidak kaku. Namun, perlu diperhatikan agar olahraga yang dilakukan tidak terlalu berat dan membebani tubuh terutama persendian.

Hindari tidur setelah makan
Sebagian orang sering tidur sehabis makan, padahal banyak makan kemudian langsung tidur bisa berakibat menimbun lemak di tubuh. Timbunan lemak ini akan menyebabkan kegemukan (obesitas) yang dapat membuat tulang dan sendi tidak mampu menopang berat badan.

Rutin berkonsultasi dengan dokter
Khusus bagi wanita yang berusia 45-50 tahun ke atas dan sudah memasuki masa menopause agar rajin berkonsultasi ke dokter. Hal ini disebabkan wanita yang sudah mengalami masa menopause rentan mengalami pengeroposan tulang dan sendi ataupun pengapuran sendi.

Lakukan pemeriksaan radiologi
Pemeriksaan radiologi berguna untuk mengetahui bentuk tulang. Selain itu, juga berguna untuk mengetahui kelainan yang ada pada tulang seseorang

Nah, ternyata obesitas ini bukan hanya memicu penyakit jantung, ginjal, diabetes, namun juga memicu terjadinya radang sendi. Sehingga, alangkah baiknya Anda selalu mengontrol berat badan Anda.

By. Ayu Anggraeni

Awas, Obesitas Menjadi Pemicu Penyakit Tulang Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Salah satu masalah kesehatan pada tulang yang sering dikeluhkan masyarakat Indonesia adalah osteoarthritis atau nyeri sendi yang merupakan penyakit yang membuat penderitanya sering merasakan nyeri bahkan mengakibatkan terjadinya disabilitas. Jika sudah parah, penyakit ini...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *