Atasi Sakit pada Bayi Saat Gigi Tumbuh

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Mar. 2015 Kategori Anak dan Kehamilan

Tips Sehat,- Gigi bayi mulai tumbuh di usia yang beragam, biasanya pada usia 6 bulan. Gigi pertama yang muncul biasanya adalah 2 gigi bawan depan, lalu diikuti dengan 2 gigi depan atas.

Tumbuhnya gigi pada bayi biasanya ditandai dengan bayi sering meneteskan air liur, mengunyah atau menggigit-gigit benda-benda padat atau keras, bayi mudah tersinggung atau gelisah, dan adanya rasa sakit pada gusi. Efek dari tumbuhnya gigi pada si kecil yang mengganggu terutama rasa sakit yang dirasakan ini dapat diatasi dengan beberapa cara.

Atasi Sakit pada Bayi Saat Gigi Tumbuh

gigi baru tumbuh

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara sederhana Atasi Sakit pada Bayi Saat Gigi Tumbuh, yaitu :

Pijat lembut gusi bayi

Anda bisa memijat dengan lembut gusi bayi anda dengan tangan atau kain lap atau handuk yang dibasahi. Tekanan yang anda berikan ketika memijat gusinya akan mengurangi ketidaknyamanan bayi. Jika menggunakan tangan, pastikan tangan Anda bersih sebelum mengusapkannya ke gusi anak.

Gunakan teething ring

Pilihlah teething ring yang terbuat dari karet yang kuat. Teething ring yang berisi air biasanya akan pecah atau rusak akibat tekanan pada gigitan bayi.

Berikan bayi makanan padat

Anda bisa memberinya timun atau wortel yang sudah dikupas atau didinginkan. Tetap awasi anak saat ia memakan makanan padatnya karena bisa jadi potongan dari makanan padat tersebut membuatnya tersedak.

Bersihkan tubuh anak yang terkena air liur

Pada saat gigi anak mulai tumbuh, maka ia akan meneteskan air liur yang banyak. Lap dengan kain atau handuk pada bagian tubuh yang terkena tetesan air liur, terutama bagian dagu untuk mencegah iritasi.

Lakukan pengobatan sendiri

Jika bayi Anda merasa gelisah dan sensitif, berikan ia acetaminophen atau ibuprofen (obat penghilang rasa sakit atau nyeri). Hindari pengobatan yang mengandung benzocaine (obat anestesi lokal tanpa resep dokter) karena benzocaine terkait dengan methemoglobinemia yaitu suatu kondisi yang jarang terjadi namun serius yang dapat mengurangi jumlah oksigen dalam darah.

Itulah beberapa tips sederhana Atasi Sakit pada Bayik Saat Gigi Tumbuh yang dengan sumber dari www.ibudanmama.com. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi alternatif untuk si kecil.

 

Artikel terkait :

 

 

Atasi Sakit pada Bayi Saat Gigi Tumbuh Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat,- Gigi bayi mulai tumbuh di usia yang beragam, biasanya pada usia 6 bulan. Gigi pertama yang muncul biasanya adalah 2 gigi bawan depan, lalu diikuti dengan 2 gigi depan atas. Tumbuhnya gigi...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *