Apakah Aman Balita Yang Suka Makan Makanan Pedas?

Diposkan oleh : pada tanggal 27 Dec. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan Tips Sehat

Sebagian besar anak balita, termasuk ‘petualang’ yang senang dalam merasakan beragam cita rasa makanan. Mereka akan mengeksplor segala jenis makanan untuk bisa mereka rasakan, termasuk juga makanan yang memiliki cita rasa pedas. Bahkan, ada sebagian dari mereka yang menyukainya. Hal ini wajar saja, karena makanan membuat makanan lebih beraroma, dan menambah nafsu makan.

Akan tetapi, keraguan mungkin dialami oleh orangtua. Apakah makanan pedas aman untuk si buah hati? Lalu sebaiknya bagaimana pemberian makanan pedas untuk si kecil?

Apakah Aman Balita Yang Suka Makan Makanan Pedas?

Sebenarnya adalah hal yang harus dilakukan orangtua memberi anak makanan pedas (jangan terlalu banyak, dalam jumlah sangat sedikit) untuk memperkenalkannya pada makanan dengan cita rasa pedas. Tidak ada aturan yang baku kapan si kecil aman diperbolehkan makan makanna pedas. Akan tetapi, di usia yang teraman adalah saat mereka berusia 2 tahun. Hal ini dikarenakan di usia tersebut, sistem pencernaan si Kecil sudah berkembang dengan baik sehingga sistem pencernaannya sudah cukup siap untuk mencerna berbagai jenis makanan, termasuk makanan pedas.

Saat pemberian makanan pedas juga sebaiknya tidak boleh asal, pemberian makanan pedas harus diperhatikan dalam kualitas, kuantitas, frekuensi dan bagaimana reaksi si kecil. Hindari pemberian makanan pedas lebih bering untuk si kecil, berikan porsi yang sangat kecil terlebih dahulu dan jangan sampai memberikannya makanan yang sangat pedas hingga membuat mulut mereka kemerahan.

Reaksi si Kecil juga akan berbeda-beda setelah mengonsumsi makanan pedas. Jika kemudian mereka menunjukkan reaksi tidak suka dan menjadi lebih rewel, Anda tidak perlu memaksa. Namun, jika si Kecil menunjukkan rasa suka, batasi jumlahnya agar ia tidak mengonsumsinya secara berlebih. Karena hal ini dapat membuatnya tergantung akan rasa pedas di kemudian hari, serta menimbulkan gangguan iritasi di saluran pencernaan. Mulai dari diare hingga mag yang tentu dapat mengganggu.

Makanan pedas untuk si buah hati juga sebaiknya dibuat degan bumbu rempah. Selain itu akan lbih baik jika makanan yang dikonsumsi juga memiliki kandungan karbohidrat, protein, serat dan lemak.

Anak di usia balita boleh-boleh saja menyantap makanan pedas, asalkan Anda sebagai orang tua tidak luput dalam memperhatikan kualitas, kuantitas, dan frekuensi pemberiannya.

Semoga bermanfaat, salam!

Posted by Hani.

Apakah Aman Balita Yang Suka Makan Makanan Pedas? Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sebagian besar anak balita, termasuk ‘petualang’ yang senang dalam merasakan beragam cita rasa makanan. Mereka akan mengeksplor segala jenis makanan untuk bisa mereka rasakan, termasuk juga makanan yang memiliki cita rasa pedas. Bahkan, ada...
Anak dan Kehamilan Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

One response to “Apakah Aman Balita Yang Suka Makan Makanan Pedas?”

  1. Fakhrul says:

    Boleh makan pedas tapi secukupnya sesuai dengan toleransi balita ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *