Apa Benar Minum Wine Bisa Bantu Bikin Tidur Nyenyak ?

Diposkan oleh : pada tanggal 23 Jan. 2018 Kategori kesehatan

Apa Benar Minum Wine Bisa Bantu Bikin Tidur Nyenyak ?,- Tidak sedikit orang yang tidak mengetahui mengapa mereka sulit untuk bisa tidur nyenyak di malam hari, mata terpejam, atau bahkan tidak timbulnya rasa kantuk. Sulit tidur atau gangguan tidur bisa membuat siapapun tidak memiliki kualitas tidur yang baik serta kurangnya waktu istirahat, sehingga tubuh akan mudah lelah dan tidak bersemangat untuk menjalankan aktivitas di siang hari.

Namun, ternyata ada satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu agar Anda bisa tidur nyenyak di malam hari, yaitu dengan minum wine sebelum tidur. Apa benar wine bisa bantu bikin tidur nyenyak ?

Kebaikan dan Manfaat Wine untuk Bantu Anda Tidur Nyenyak

Wine diketahui memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan juga disebut-sebut bisa membuat seseorang cepat mengantuk. Maka dari itu, minuman yang terbuat dari anggur dan mengandung alkohol ini sering dikonsumsi oleh beberapa orang yang memiliki gangguan tidur, seperti insomnia.

PAsalnya, sebuah survei yang diterbitkan dalam jurnal Sleep menemukan jika 28% orang dengan insomnia minum alkohol untuk membantu mereka tidur. Sekitar 68% orang dengan insomnia menyebutkan jika alkohol efektif untuk membantu mereka tertidur.

Sebuah penelitian di Milan, Italia menunjukkan jika wine yang terbuat dari anggur merah bisa membantu orang lebih mudah tertidur. Hal ini disebabkan karena kulit anggur merah mengandung hormon melatonin, yang mengatur sinyal otak untuk merasa ngantuk dan memerintahkan Anda untuk tertidur. Melatonin juga merupakan antioksidan kuat yang memerangi penuaan dan penting untuk menaikkan libido seseorang.

Pada umumnya tubuh sudah menghasilkan melatonin pada kelenjar pineal di otak. Namun sayangnya, pada beberapa orang kadar hormon melatonin dalam tubuh tidak cukup untuk membuat merasa ngantuk dan tertidur. Maka tak jarang pada kondisi kesehatan tertentu, banyak orang yang merasa sulit untuk cepat tertidur dan minum wine untuk membantu masalah tidurnya.

Selain itu, perlu diperhatikan juga, jika hanya wine yang terbuat dari anggur merah saja yang mengandung melatonin tinggi. Tidak dengan wine yang terbuat dari anggur putih. Pasalnya wine yang terbuat dari anggur putih tidak mengandung kulit anggur, yang mana bagian tersebut memiliki kandungan banyak melatonin.

Baca juga : 4 Asupan Vitamin Terbaik untuk Bantu Atasi Insomnia

Walaupun minum wine atau alkohol dapat membantu Anda cepat tidur, wine juga bisa membaut tidur Anda jadi kurang nyenyak. Perlu diketahui, tubuh Anda berada melalui dua tahapan tidur yang berbeda di malam hari. Kondisi pertama disebut dengan slow wave sleep (SWS). Dimana pada kondisi ini gelombang otak Anda berada pada gelombang otak yang lamban.

Setelah fase SWS ini, fase selanjutnya yaitu pergerakan mata yang cepat atau REM (rapid eye movement). Minum wine yang mengandung alkohol dalam waktu satu jam sebelum Anda tertidur dapat mengganggu paruh kedua siklus tidur Anda. Di mana hal ini bisa menyebabkan Anda melewatkan masa REM dan membuat Anda jadi mudah bangun beberapa jam kemudian.

Minum wine dan jenis minuman beralkohol lainnya tidak hanya dapat mengganggu bagian kedua waktu tidur Anda, tetapi juga bisa menyebabkan Anda memiliki mimpi buruk. Anda tidak bisa mengalami kualitas tidur yang dalam sampai kandungan dan efek alkohol hilang dari tubuh.

By Sri Maryati

Apa Benar Minum Wine Bisa Bantu Bikin Tidur Nyenyak ? Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Apa Benar Minum Wine Bisa Bantu Bikin Tidur Nyenyak ?,- Tidak sedikit orang yang tidak mengetahui mengapa mereka sulit untuk bisa tidur nyenyak di malam hari, mata terpejam, atau bahkan tidak timbulnya rasa kantuk....
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *