Anjuran Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Ramadhan

Diposkan oleh : pada tanggal 29 May. 2017 Kategori Makanan Sehat

Anjuran Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Ramadhan,- Memasuki bulan Ramadhan, seluruh muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Selama menjalankan puasa, dipastikan setiap orang yang menjalaninya akan merasakan tubuh lemas, lunglai, dan berasa tidak berdaya. Namun, semua itu ternyata merupakan tipuan dari metabolisme tubuh yang sedang menyesuaikan pola asupan makanan akibat adanya perubahan jadwal makan.

Maka dari itu, agar tubuh tetap fit selama berpuasa, Anda harus memperhatikan asupan nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi dan juga istirahat yang cukup.

Ides Haeruman, ahli gizi Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, menyebutkan bahwa ada beberapa tips seputar anjuran makanan yang baik dikonsumsi selama Ramadhan yang bisa diterapkan agar tubuh tetap fresh dan fit dalam melaksakan berbagai aktivitas di bulan Ramadhan.

Seperti saat makan sahur, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung protein, terutama protein hewani. Hal ini disebabkan karena dibandingkan makanan lain, protein merupakan zat makanan yang lebih lama diolah organ pencernaan.

Pada dasarnya, yang harus dikonsumsi ketika makan sahur yaitu gizi seimbang. Namun, protein merupakan asupan yang sangat disarankan. Dengan mengonsumsi protein saat sahut, energi yang diolah akan tahan lama sehingga tidak mudah lapar.

Selain itu, pada waktu sahur juga disarankan untuk menyediakan menu sayur dan buah. Alasannya, serat pada sayur dan buah relatif lama untuk dicerna tubuh, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Disamping itu, agar asupan gizi dalam tubuh ideal, maka disarankan untuk mengonsumsi makanan manis seperti kurma pada saat berbuka. Berbuka dengan 3 buah kurma sebenarnya sudah cukup untuk mengembalikan energi secara cepat.

Pada saat berbuka, disarankan untuk tidak langsung mengonsumsi makanan berat, sebaiknya beri jeda 5-10 menit (setelah salat magrib).

Setelah mengonsumsi makanan berat pada saat berbuka, tahapan selanjutnya yaitu dilanjutkan dengan makan snack. Paling baik tentu mengonsumsi buah-buahan atau makanan yang tidak menganudng lemak di malam hari.

Itulah beberapa anjuran makanan yang baik dikonsumsi selama Ramandhan. Semoga informasi tersebut bisa membantu kita agar tetap fit dan segar selama menjalani ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati

Anjuran Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Ramadhan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anjuran Makanan yang Baik Dikonsumsi Selama Ramadhan,- Memasuki bulan Ramadhan, seluruh muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Selama menjalankan puasa, dipastikan setiap orang yang menjalaninya akan merasakan tubuh lemas, lunglai, dan berasa tidak berdaya....
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *