Alzheimer Juga Bisa Terjadi pada Usia Muda! Ini Gejalanya

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Dec. 2017 Kategori kesehatan penyakit

Alzheimer Juga Bisa Terjadi pada Usia Muda! Ini Gejalanya,- Alzheimer merupakan penyakit yang berhubungan dengan terganggunya ingatan, disertai dengan penurunan fungsi mental lain. Biasanya penyakit ini diidentikkan dengan usia lanjut. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit Alzheimer juga bisa terjadi pada usia muda.

Alzheimer yang terjadi pada usia muda berarti bahwa penyakit ini terjadi pada orang dengan usia 40-50 tahun, bahkan ada pula yang mengalaminya pada usia 30 tahun. Namun sayangnya, gejala penyakit Alzheimer pada usia muda sering kali tampak hanya seperti orang yang stres akibat tekanan aktivitas sehari-hari. Sehingga ahli medis sering kesulitan untuk melakukan diagnosis.

Terdapat beberapa penyebab yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer terjadi pada usia muda atau dibawah 65 tahun, salah satunya yaitu karena penumpukan protein di otak yang disebut amiloid. Kondisi ini bisa memengaruhi cara berpikir, yang kemudian mengarah pada Alzheimer.

Penyebab lainnya adalah karena mutasi pada gen yang diwariskan dari orangtua. Orang-orang yang omemiliki orangtua atau kakek nenek mengidap Alzheimer, maka akan cederung mengalami kondisi yang sama. Sebenarnya pada ahli medis pun belum mengetahui sepenuhnya mengenai penyebab Alzheimer pada usia muda. Maka masih diperlukan penelitain lebih lanjut untuk memastikannya.

Mengetahui Gejala dan Tanda-Tanda Alzheimer pada Usia Muda

Agar penyakit Alzheimer bisa terdeteksi secara dini, maka Anda harus mengetahui dan mewaspadai beberapa gejala Alzheimer berikut ini :

  • Mengalami perubahan suasana hati

Mood atau suasana hati bisa berubah jika mengalami Alzheimer pada usia muda. Perubahan mood tersebut misalnya takut, gelisah, bingung, bahkan depresi. Lebih buruknya, perubahan suasana hati ini juga terjadi secara ekstrem dan mungkin dapat memengaruhi kepribadian.

  • Sulit mengingat waktu dan tempat, serta sulit membuat keputusan

Salah satu gejala Alzheimer pada usia muda yaitu diantaranya adalah sulit mengingat waktu, apalagi membuat rencana-rencana pada waktu yang akan datang. Penderita juga akan kesulitan mengingat tempat. Lama kelamaan penderita akan bingung dan merasa tidak mengerti alasan mengapa ia berada di tempat tersebut. Penderita juga akan mudah tersesat, lupa bagaimana caranya hingga sampai ke suatu tempat dan kenapa ia berada di sana.

  • Sulit melakukan pekerjaan atau tugas lain

Tanda lain dari penyakit Alzheimer pada usia muda adalah kesulitan dalam melakukan pekerjaan yang biasa dikerjakan sehari-hari. Misalnya mengemudi, padahal sebelumnya penderita tergolong pengemudi yang andal. Begitu pula dengan pekerjaan sehari-hari lainnya yang terbilang cukup mudah untuk dilakukan.

  • Sulit menemukan kata-kata yang tepat

Jika terjadi Alzheimer pada usia muda, maka penderita kemungkinan akan mengalami kesulitan saat mencari kata-kata yang tepat ketika sedang berbicara. Walaupun penderita bisa bercakap-cakap seperti biasan, namun secara tiba-tiba bisa saja kehilangan atau kesulitan menemukan kata-kata yang ingin disampaikan.

  • Hilang ingatan

Hilang ingatan ditandai dengan hilangnya fungsi memori atau menurunnya kemampuan mental karena Alzheimer pada awalnya ditandai dengan hilangnya ingatan. Penderita akan mulai mengalami lupa yang cukup parah. Kemungkinan penderita juga tidak dapat mengingat kejadian penting atau tanggal-tanggal yang sebelumnya tidak pernah dilupakan. Hilangnya ingatan ini akan memengaruhi aktivitas sehari-hari.

By Sri Maryati

Alzheimer Juga Bisa Terjadi pada Usia Muda! Ini Gejalanya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Alzheimer Juga Bisa Terjadi pada Usia Muda! Ini Gejalanya,- Alzheimer merupakan penyakit yang berhubungan dengan terganggunya ingatan, disertai dengan penurunan fungsi mental lain. Biasanya penyakit ini diidentikkan dengan usia lanjut. Namun, tidak menutup kemungkinan...
kesehatan penyakit - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *