Alasan Seseorang Tidur Mendengkur Dan Cara Mengatasinya

Diposkan oleh : pada tanggal 21 Nov. 2015 Kategori Masalah Kesehatan

Hai sobat Tips Sehat Online, bagaimana tidur Anda semalam? Apakah nyenyak? Kali ini ini kami akan berbagi informasi terntang permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan tidur. Mendengkur, sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja dan hal ini terkadang menganggu untuk sebagian orang. Namun, Anda perlu tahu bahwa mendengkur tidak hanya terjadi karena seseorang terlalu capek, bisa jadi itu pertanda adanya masalah kesehatan yang terjadi pada diri Anda namun Anda tidak menyadarinya. Nah berikut ini adalah beberapa faktor penyebab yang bisa menjadikan Anda tidur mendengkur, diantaranya adalah :

Alasan Tidur Mendengkur Dan Cara Mengatasinya

1. Umur

Umur adalah salah satu faktor penyebab tidur mendengkur, sebab tenggorokan akan menjadi sempit dan kekencangan otot di tenggorokan akan menurun.

2. Kondisi Tubuh Tertentu

Sebagian pria memiliki saluran udara yang sempit dibandingkan dengan wanita, jadi kemungkinannya pria lebih mungkin mendengkur. Tenggorokan yang sempit, langit-langit mulut yang terbelah, kelenjar gondok yang membesar, dan atribut-atribut fisik lainnya juga menjadi faktor mengapa seseorang mendengkur, dan hal ini sifatnya bisa diturunkan.

3. Masalah hidung dan sinus

Udara yang terhalang masuk akibat permasalahan pada hidung dapat membuat proses pernapasan menjadi lebih sulit sehingga menyebabkan seseorang tidur mendengkur.

4. Kelebihan berat badan

Jaringan lemak pada tubuh dan otot yang lemah berkontribusi menyebabkan dengkuran.

5. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol dan merokok dapat meningkatkan relaksasi otot yang mendorong anda untuk lebih mudah mendengkur. Hal ini juga berlaku pada pengonsumsian obat-obatan tertentu.

6. Posisi tidur

Tidur telentang menyebabkan daging tenggorokan anda menjadi rileks dan terblokirnya saluran udara, sehingga dapat menyebabkan anda tidur mendengkur.

Untuk mengatasi ‘mendengkur’ ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti berolahraga rutin dan terapkan waktu tidur Anda yang teratur. Selain hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar tidur Anda tidak mendengkur lagi, diantaranya:

  • Berhenti merokok
  • Hindari kafein dan makanan berat sebelum tidur
  • Menjaga udara di ruangan tidur tetap lembab
  • Hindari alkohol
  • Pastikan agar hidung tidak tersumbat
  • Tidur menyamping
  • Atur posisi kepala lebih tinggi dari bagian badan lainnya, dan
  • Latihan tenggotokan

Khusus untuk latihan tenggorokan, Anda bisa terapkan selama 30 menit setiap hari. Latihan tenggorokan dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi atau menghentikan dengkuran. Ucapkan suara vokal tertentu seperti (a-i-u-e-o) berulang kali agar dapat memperkuat otot-otot di saluran pernapasan bagian atas. Hal ini akan mengurangi dengkuran Anda. Selain itu ada beberapa tips lain yang bisa anda terapkan seperti:

  • Tempatkan ujung lidah anda di belakang gigi depan-atas anda. Kemudian geser lidah anda ke belakang (mundur). Lakukan selama 3 menit sehari.
  • Tutup mulut anda kemudian kerutkan bibir anda. Tahan selama 30 detik.
  • Buka mulut anda dan gerakkan rahang anda ke sebelah kanan. Tahan selama 30 detik kemudian ganti gerakkan rahang ke sebelah kiri.
  • Dengan mulut terbuka, kontraksikan otot di bagian belakang tenggorokan anda berulang kali selama 30 detik.
    Tips : Lihatlah di cermin untuk mengetahui uvula (“bola menggantung di tenggorokan”) bergerak naik dan turun.

Nah, semikianlah sekilas info mengenai Alasan Seseorang Tidur Mendengkur Dan Cara Mengatasinya semoga dapat bermanfaat ya untuk Anda. Nantikan artikel menarik lainnya seputar kesehatan, dan salam sehat!

Alasan Seseorang Tidur Mendengkur Dan Cara Mengatasinya Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Hai sobat Tips Sehat Online, bagaimana tidur Anda semalam? Apakah nyenyak? Kali ini ini kami akan berbagi informasi terntang permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan tidur. Mendengkur, sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja dan hal...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *