Alasan Mengapa Ibu Hamil Mengalami Ngidam

Diposkan oleh : pada tanggal 22 Sep. 2016 Kategori Anak dan Kehamilan

Tak jarang wanita hamil mengalami ngidam yang aneh-aneh, seperti makanan yang ingin mereka makan, dan keinginan aneh lainnya. Tentunya hal ini membuat sang suami bingung. Lalu bagaimana jika ibu hamil ngidam berbagai jenis makanan berbahaya? tentunya, meski istri Anda sedang ngidam dan sering kali bilang takut nanti anaknya ileran. Jangan sampe deh Anda memberikan istri Anda makanan yang pastinya bisa membahayakan kesehatannya meskipun istri Anda bilang sedang ngidam.

Nah melihat kejadian yang seperti ini, sebenarnya apa alasan yang membuat wanita hamil ngidam? Disini kami akan jelaskan beberapa penyebab ngidam saat hamil.

Alasan Mengapa Ibu Hamil Mengalami Ngidam

alasan-mengapa-ibu-hamil-mengalami-ngidam

Hormon
Hormon jadi permasalahan utama kenapa ibu hamil sering mengidam hal yang aneh-aneh. Perubahan hormon mempengaruhi rasa dan bau makanan. Perubahan ini disebabkan oleh kehamilan, menopause, dan kontrasepsi. Setelah melahirkan, hormon akan kembali normal begitu juga rasa dan bau.

Kekurangan gizi
Wanita hamil disebut-sebut membutuhkan gizi yang banyak selama masa kehamilan. Masalahnya adalah tidak ada hubungan yang jelas antara ngidam dan nutrisi yang dibutuhkan. Contohnya zat besi adalah salah satu yang paling membingungkan. Es krim adalah salah satu makanan yang sering diidamkan wanita hamil yang kekurangan zat besi, meskipun es tidak mengandung zat besi. Pada beberapa wanita hamil bahkan mengalami pica, sebuah gangguan yang menyebabkan mereka sangat menginginkan memakan barang-barang non-makanan seperti kotoran atau deterjen. Sekali lagi, seperti halnya es, barang-barang tersebut tidak mengandung zat besi. Namun, hal ini bisa terjadi disebabkan ibu hamil kekurangan zat besi.

Makanan Comfort
Saat hamil wanita biasanya mengidamkan makanan-makanan favorit mereka saat kecil. Jadi tergantung preferensi dan latar belakang masing-masing wanita. Ada yang tiba-tiba menyukai makaroni dan keju untuk sup, dan lain-lain.

Kesehatan
Beberapa perubahan dalam diet saat hamil kemungkinan untuk menghindari rasa mual di pagi hari. Secara umum, wanita hamil enggan minum kopi, teh dan alkohol meskipun mereka menikmati minuman-minuman tersebut sebelum hamil.

Meski mitos yang mengatakan dikalangan masyarakat yaitu,”Kalau ngidamnya si ibu hamil tidak dipenuhi, maka buah hatinya akan mengeluarkan iler terus menerus”. Meski banyak yang beranggapan seperti itu. Namun, Anda wajib mengabaikan ngidam tersebut jika dengan memakannya akan berdampak buruk bagi tubuh Anda dan janin.

By Ayu

Alasan Mengapa Ibu Hamil Mengalami Ngidam Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tak jarang wanita hamil mengalami ngidam yang aneh-aneh, seperti makanan yang ingin mereka makan, dan keinginan aneh lainnya. Tentunya hal ini membuat sang suami bingung. Lalu bagaimana jika ibu hamil ngidam berbagai jenis makanan...
Anak dan Kehamilan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *