Aktivitas yang Harus Dihindari Setelah Makan

Diposkan oleh : pada tanggal 9 Dec. 2016 Kategori Gaya Hidup Sehat

Tahukah Anda ada beberapa aktivitas yang harus dihindari setelah makan? Hal itu dikarenakan akan mengganggu proses pencernaan makanan dalam perut. Akibatnya, proses pencernaan tidak berjalan sempurna dan bahkan bisa mengalami sakit perut.

Perlu Anda ketahui bahwa sistem pencernaan memiliki kemampuan untuk mencerna makanan dengan baik, menyerap semua nutrisi penting dan memberikan Anda energi sebagai imbalan. Namun, pada saat yang bersamaan, sistem pencernaan kita juga sensitif dan tidak menjalankan fungsinya jika terhalang oleh apa pun. Oleh karena itu, sebaiknya Anda kenali aktivitas apa saja yang bisa menghambat sistem pencernaan Anda. Berikut ini kutipan dari laman boldsky.

Aktivitas yang Harus Dihindari Setelah Makan

Aktivitas yang Harus Dihindari Setelah Makan

Menyikat gigi
Jika Anda makan makanan yang mengandung sitrat, enamel akan mudah terkelupas dari gigi Anda akibat sikat gigi.

Banyak minum
Hal ini dikarenakan akan mengganggu proses pencernaan dan dapat menyebabkan terjadinya sakit perut.

Merokok
Setelah makan, sirkulasi darah dalam sistem pencernaan meningkat. Ketika Anda merokok, bahan-bahan dari rokok akan diserap, sehinga dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut ke paru-paru dan ginjal.

Jalan-jalan
Jalan-jalan akan menyulitkan sistem pencernaan dan proses penyerapan nutrisi dalam makanan.

Mengemudi
Pencernaan membutuhkan sejumlah besar darah dan ini akan berpengaruh pada tingkat konsentrasi di otak. Sehingga, mengemudi setelah makan berat akan beresiko karena tingkat konsentrasi sedang mengalami penurunan.

Tidur
Tidur setelah makan dapat menyebabkan proses pencernaan menjadi tidak sempurna. Dan hal ini juga akan menyebabkan masalah pencernaan.

Minum teh
Perlu diketahui daun teh memiliki kandungan asam yang akan menghalangi proses pencernaan protein dalam makanan.

Mandi
Jika Anda mandi setelah makan siang atau makan, maka aliran darah menuju tangan, kaki, dan tubuh mengalami peningkatan dan sementara yang menuju perut mengalami penurunan. Hal ini pada gilirannya akan mengakibatkan lambatnya pencernaan, sehingga membuat Anda merasa sakit.

Olahraga
Jika Anda berolahraga setelah makan, itu akan mempengaruhi metabolisme tubuh dengan mengurangi aliran darah dan menyebabkan kesulitan dalam mencerna nutrisi dari makanan.

Mengkonsumsi buah
Hal ini banyak dilakukan oleh masyarakat, lantaran sering dikatakan sebagai pencuci mulut. Padahal mengkonsumsi buah setelah makan akan mengakibatkan perut penuh dengan gas atau udara dan menyebabkan kembung.

Berenang
Dianjurkan untuk berenang sebelum makan siang dan tidak setelahnya, karena hanya akan menyebabkan proses pencernaan menjadi kurang maksimal , dan membuat Anda merasa mual.

Naik tangga
Hindari naik tangga setelah makan, karena hal ini akan melemahkan cairan pencernaan dalam perut yang menyebabkan keasaman.

Nah, jadi itulah beberapa kebiasaan atau aktivitas yang salah dan sering dilakukan oleh kebanyakan masyarakat pada umumnya yang belum mereka ketahui. Untuk itu, sebaiknya Anda hindari hal ini sekarang juga untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

 

| Aktivitas yang Harus Dihindari Setelah Makan

Aktivitas yang Harus Dihindari Setelah Makan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tahukah Anda ada beberapa aktivitas yang harus dihindari setelah makan? Hal itu dikarenakan akan mengganggu proses pencernaan makanan dalam perut. Akibatnya, proses pencernaan tidak berjalan sempurna dan bahkan bisa mengalami sakit perut. Perlu Anda...
Gaya Hidup Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *