8 Manfaat Daun Pandan Yang Tidak Banyak Diketahui

Diposkan oleh : pada tanggal 17 Feb. 2017 Kategori manfaat

Pandan mempunyai nama ilmiah pandanus amaryllifolius roxb. Tanaman pandan biasanya hidup ditempat yang lembab dan teduh. Tanaman ini mempunyai cluster semak yang berbentuk kipas angin, dengan daun yang sempit dan menghasilkan bau yang kuat ketika layu. Daun pandan segar mempunyai aroma sedikit. Daun pandan biasanya dijadikan sebagai pewarna alami untuk pembuatan kue atau minuman. Selain itu, daun pandan juga ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

8 Manfaat Daun Pandan Yang Tidak Banyak Diketahui

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Meringankan gejala rematik

Salah satu manfaat daun pandan bagi kesehatan adalah bisa meringankan gejala rematik. Cara mengolah daun pandan untuk meringankan gejala rematik diantaranya sediakan 2-3 lembar daun pandan yang masih segar, cuci dengan air sampai bersih, iris kecil-kecil, seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Kemudian aduk hingga rata. Sesudah dingin, gunakan sebagai minyak gosok pada bagian tubuh yang sakit.

Sebagai obat penenang

Daun pandan memiliki kandungan zat tanin yang memberikan efek ketenangan. Sehingg bisa membantu cepat tidur. Cara mengolah daun pandan sebagai obat penenang adalah sediakan 2 lembar daun pandan yang segar, cuci bersih, dan iris kecil-kecil. Seduh dengan segelas air panas, bila sudah dingin saring daunnya

Menurunkan tekanan darah tinggi

Sebelum mengkonsumsi obat, menurunkan tekanan darah tinggi bisa dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun pandan. Caranya membuatnya sangat mudah sediakan beberapa lembar daun panda, cuci terlebih dahulu dengan air, rebus dengan menggunakan air 3 gelas sampai mendidih sampai tersisa 2 gelas. Saring airnya, kemudian minum 2 kali sehari di pagi dan sore hari.

Mengobati pegal linu

Selain memiliki manfaat mampu meringankan gejala rematik, daun pandan juga bermanfaat bisa mengobati pegal linu. Cara mengolah daun pandan sangat mudah yaitusediakan daun pandan 5 lembar, daun serai 20 lembar. Cuci terlebih dahulu kedua bahan tersebut. Kemudian tumbuk sampai halus, tambahkan 1 sendok kayu putih atau minyak gosok lainnya, aduk sampai merata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok pada tubuh yang terkena pegal linu.

Mengatasi lemah syaraf

Mungkin anda baru dengar bahwa daun pandan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan salah satunya bisa mengatasi lemah syaraf. Cara mengolah daun pandan untuk mengatasi lemah syaraf yaitu cuci terlebih dahulu 3 lembar daun pandan, potong-potong, rebus dengan air 3 gelas hingga mendidih sampai tersisa 2 gelas. Bila sudah dingin, minum ramuan ini 2 kali sehari masing-masing 1 gelas sekali minumnya.

Meningkatkan nafsu makan

Sebelum mengkonsumsi suplemen, sebaiknya gunakan cara alami untuk meningkatkan nafsu makan. Caranya yaitu dengan minum air rebusan daun pandan. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu cuci terlebih dahulu 2 lembar daun pandan, iris kecil-kecil. rebus dengan air 3 gelas sampai mendidih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring airnya, kemudian minum 2 kali sehari.

Mengatasi ketombe

Daun pandan juga bisa bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Caranya blender 10 lembar daun pandan yang sudah dicucu dengan air bersih, sesudah halus tambahkan setengah cangkir air kemudian aduk sampai merata. Bilaskan kesemua area rambut dan kulit kepalanya. Diamkan selama 30 menit hingga kering, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Mengobati panu

Salah satu cara mengatasi panu secara alami adalah dengan menggunakan daun pandan. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu haluskan 1 genggam daun pandan yang telah dicuci bersih, peras dan ambil airnya, tambahkan sedikit garam, dan minum ramuan ini 1 kali sehari selama 3 hari secara rutin.

Masih banyak lagi manfaat daun pandan bagi kesehatan diantaranya sebagai sumber antioksidan, mengatasi masalah sembelit, melancarkan buang air besar, mencegah kanker dan mencegah diabetes.

8 Manfaat Daun Pandan Yang Tidak Banyak Diketahui Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pandan mempunyai nama ilmiah pandanus amaryllifolius roxb. Tanaman pandan biasanya hidup ditempat yang lembab dan teduh. Tanaman ini mempunyai cluster semak yang berbentuk kipas angin, dengan daun yang sempit dan menghasilkan bau yang kuat...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *