7 Manfaat Daun Beluntas yang Tak Banyak Diketahui

Diposkan oleh : pada tanggal 16 Mar. 2016 Kategori Tips Sehat

Tips Sehat | Beragam jenis tumbuhan yang hidup di sekitar kita semakin dikembangkan dan diteliti lebih lanjut mengenai beberapa manfaat dan khasiat yang ada di dalamnya, termasuk salah satu jenis daun bermanfaat yang banyak di temukan di daerah tropis seperti Indonesia, yaitu Daun Belantas.

manfaat daun beluntas

Daun beluntas ini rupanya juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam menjaga kesehatan tubuh sampai penyembuhan penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat daun beluntas, di antaranya :

Meringankan pegal linu

Daun beluntas diyakini dapar meringankan pegal linu yang membuat aktivitas kita terganggu. Untuk marasakan manfaatnya ini, kita bisa meminum rebusan daun beluntas 3 kali sehari.

Menurunkan demam

Ketika mengalami demam, bukan obat-obatan yang dijual di warung saja yang bisa menjadi solusi, daun beluntas juga mampu menurunkan demam. Kita bisa menggunakan 15 gram daun beluntas dengan air, kemudian rebus. Minumlah ramuan tersebut selagi masih hangat.

Melenyapkan bau badan dan bau mulut

Bau badan dan bau mulut menjadi faktor yang dapat menurunkan rasa percaya diri kita dalam berinteraksi. Namun jangan khawatir, karena daun beluntas dinilai mampu melenyapkan bau badan dan mulut dengan segera. Kita hanya perlu memakan daun beluntas ini sebagai lalapan yang dikukus terlebih dahulu.

Mengatasi keputihan

Untuk mengatasi keputihan dengan daun beluntas, kita perlu mengambil sekitar 20 helai daun beluntas, kemudian rebus bersama 1 gelas air dan 1 akar tapak liman. Setelah itu, kita bisa meminumnya 2 kali sehari.

Baca juga : Makanan Sehat yang Tepat untuk Darah Rendah

Mengatasi nyeri haid

Nyeri haid juga menjadi salah satu masalah yang tak terbantahkan bagi kamu hawa. Untuk mengatasinya, kita perlu menggunakan 20 helai daun beluntas serta 1 gelas air, tambahkan pula asam dan garam sedikit. Minumlah ramuan tersebut sampai nyeri haid nya hilang.

Mengatasi perut kembung

Daun beluntas juga dipercaya dapat mengatasi perut kembung dengan meminum rebusan daun beluntas secara teratur hingga keluhannya menghilang.

Anti bakteri

Menurut studi yang dilakukan oleh Davis Stout, daun beluntas memiliki banyak kandungan Minerl seperti Fosfor, Magnesium, Kalium, dan Kalsium, juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat mencegah dan menghadang serangan beragam jenis bakteri yang masuk ke dalam tubuh seperti Escheria coli, Bacillus cereus dan staphylocossus eureus.

Mungkin tak semua orang mengenal daun beluntas ini, namun manfaat dan khasiatnya di atas menjadi salah satu rekomendasi yang cukup baik agar kita bisa lebih mengenal beragam jenis tumbuhan dan daun yang ternyata memiliki nilai guna yang luar biasa tanpa kita ketahui selama ini.

 

By Novita

7 Manfaat Daun Beluntas yang Tak Banyak Diketahui Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tips Sehat | Beragam jenis tumbuhan yang hidup di sekitar kita semakin dikembangkan dan diteliti lebih lanjut mengenai beberapa manfaat dan khasiat yang ada di dalamnya, termasuk salah satu jenis daun bermanfaat yang banyak...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *