7 Fakta Paling Penting Seputar Penyakit Lupus

Diposkan oleh : pada tanggal 30 May. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Lupus kini menjadi salah satu penyakit yang sudah banyak ditemui di belahan dunia, termasuk Indonesia. Lupus juga dikatakan sebagai salah satu penyakit autoimun yang harus intens diperhatikan, karena bisa memicu gangguan lebih lanjut seperti gangguan pada jantung.

Penyakit autoimun yang dimaksud disini adalah sistem kekebalan tubuh yang justru menyerang sel sehat dalam tubuh bukan menyerang sel asing yang membahayakan. Dampaknya adalah munculnya kerusakan lanjut pada tubuh.

Untuk mengetahui bagaimana dan apa saja hal penting tentang penyakit lupus yang perlu diketahui, berikut ini adalah 7 Fakta Paling Penting Seputar Penyakit Lupus.

7 Fakta Seputar Lupus

 

fakta penting tentang penyakit lupus

Memiliki gejala yang beragam

Akibat sistem kekebalan tubuh yang balik menyerang sel sehat, akibatnya sel sehat manapun bisa dihancurkan oleh lupus, sehingga gejala yang beragam pun bisa muncul. Mulai dari sakit kepala, nyeri otot, mudah lemah, dan lain sebagainya. Namun, ada satu kondisi atau gejala yang menjadi ciri khas dari lupus, yaitu munculnya ruam merah pada tulang hidung menyerupai kupu-kupu-kupu

Butuh waktu yang lama sampai terdiagnosa lupus

Tak seperti penyakit lainnya, para doker membutuhkan waktu yang lama sekitar 5 tahun untuk mendiagnosa seseorang positif lupus. Salah satu penyebabnya adalah gejala lupus yang sangat beragam.

Menyerang berbagai sistem tubuh

Lupus bisa menyerang berbagai sistem tubuh, namun untuk daerah yang sering menjadi tergetnya adalah jantung, paru, ginjal, kulit, sistem saraf, reproduksi, pecernaan, dan muskuloskeletal.

Obat yang dimanfaatkan harus kuat

Lupus termasuk penyakit yang sangat kuat, sehingga membutuhkan obat lupus yang sangat kuat pula. Ada yang memberikan saran jika penderita lupus obat yang berbeda dengan obat biasa dengan kinerja meningkatkan kekebalan tubuh. Obat yang diberikan pada lupus dikatakan adalah obat yang dapat menghentikan kekebalan tubuh. Namun, obat jenis ini akan memberikan risiko yang lebih besar pada gangguan lain, salah satunya kanker.

Penderita harus melakukan diet khusus

Sama seperti penyakit lain, penderita lupus dituntut untuk bisa melakukan diet khusus yang bisa menjadi pendukung pengobatan lupus. Penderita sebaiknya menghindari kecambah alfalfa karena memiliki kandungan asam amino l-canavanine yang bisa memicu serangan lupus.

Sinar matahari bisa menjadi bahaya

Secara umum, penderita lupus sebisa mungkin untuk menghindari sinar matahari, karena tubuh akan mengalami fotosensitif jika paparan sinar langsung diterima. Hal ini akan memicu munculnya ruam merah pada kulit, nyeri sendi, serta tubuh yang melemah.

Wanita jadi penderita paling banyak

Wanita menjadi penderita lupus hampir 90% dari total penderitanya. Alasannya belum diketahui secara pasti, namun yang jelas anda harus tetap waspada dan lebih memproteksi diri dari segala ancaman penyakit, baik pria maupun wanita, baik muda ataupun tua.

 

Simak artikel kami lainnya : Manfaat Konsumsi Sayur Oyong untuk Kesehatan

 

7 Fakta Paling Penting Seputar Penyakit Lupus Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Lupus kini menjadi salah satu penyakit yang sudah banyak ditemui di belahan dunia, termasuk Indonesia. Lupus juga dikatakan sebagai salah satu penyakit autoimun yang harus intens diperhatikan, karena bisa memicu gangguan lebih lanjut seperti...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *