6 Hewan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Manusia

Diposkan oleh : pada tanggal 26 Jul. 2016 Kategori Makanan Sehat

Ketika kita melihat ulat atau cacing, mungkin akan segera jauhkan ia di hadapan kita saking jijiknya dengan kenampakan mereka tersebut. Tapi, tahukah anda jika beberapa hewan yang dinilai menjijikan tersebut, ternyata memiliki manfaat untuk manusia dari segi medis ? Apa saja yah hewan yang bermanfaat untuk kesehatan manusia ini ?

6 Hewan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Manusia

hewan yang bermanfaat untuk kesehatan manusia

1. Bekicot

Siapa yang sangka jika makhluk yang terlihat menjijikan speeri bekicot ini justru memiliki manfaat untuk manusia dari segi medis. Bekicot (daging dan lendirnya) dikatakan memiliki kandungan asam amino essensial yang dapat membantu pengobatan berbagai penyakit seperti gatal, sakit gigi, sakit mata, sakit menstruasi, dll. Selain itu, lendir bekicot juga mengandung allantonin, elastin, dan kolagen yang bisa memperbaiki cangkangnya sendiri, sehingga ia dipercaya dapat membantu perawatan kulit dan patah tulang.

2. Ulat sutra

Dalam penelitian yang pernah dilakukan di German State Hospital, ulat sutra menghasilkan enzim bernaam serrapeptase yang bisa membantu meredakan nyeri serta pembengkakan sampai 50% dalam waktu relatif lebih cepat, sekitar 3 hari setelah operasi. Hal ini dikarenakan enzim pada ulat sutra tersebut mampu mengurai jaringan rusak dan mati, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

3. Lintah

Lintah yang banyak ditemukan di beberapa tekungan air atau sawah memiliki kebiasaan menghisap darah manusia atau hewan lainnya. Makhluk ini akan terus melekat pada tubuh walaupun kita berusaha mencabutnya dengan sekuat tenaga. Ia akan lepas dari mangsanya jika dirasa sudah puas. Jika anda berusaha membunuhnya dengan cara memotongnya, potongan tubuhnya tersebut justru akan menjadi lintah yang baru.

Lintah dipercaya bisa membantu anda yang memiliki masalah pada pembekuan darah, haid yang tidak teratur, membesarkan dan menegangkan alat vital pria, serta mengatasi pegal serta ruam kulit.

4. Cacing tanah

Cacing tanah yang sering kita anggap menjijikan karena hidup di dalam tanah dan cenderung memiliki bakteri di dalam tubuhnya, justru berbanding terbalik dengan riset yang telah diterbitkan. Para peneliti mengungkapkan bahwa ekstrak cacing tanah mampu menghambat pertumbuhan bakteri seperti Escherichia coli, Salmonella thyposa, Staphylococcus aureus, dan Shigella dysenterica.

Kemampuannya ini membuat ekstrak cacing tanah menjadi media pengobatan untuk mengobati infeksi pencernaan seperti diare, disentri, dan tipes. Bahkan beberapa ahli juga mengungkapkan bahwa cacing tanah ini mampu meningkatkan nafsu makan, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Undur-undur

Menurut riset yang dilakukan di UGM, Yogyakarta, undur-undur memiliki kandungan zat sulfonylurea. Zat ini berfungsi untuk melancarkan kerja pankreas dalam membantu produksi insulin yang berhubungan erat dengan kontrol gula darah penderita diabetes.

6. Teripang

Mungkin jika dilihat secara sepintas, teripang ini mirip dengan lintah, namun bedanya ia hidup di laut dan menjadi spesies lautan yang paling banyak dicari karena kemampuannya dalam membantu berbagai pengobatan.

Ada beberapa jenis teripang di Indonesia, namun yang paling banyak digunakan karena khasiatnya di dunia medis adalah teripang emas. Hal ini karena teripang emas memiliki senyawa khusus bernama Gamapeptide yang mampu mengatasi peradangan, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi rasa sakit, mengaktifkan pertumbuhan sel-sel, membuat kulit wajah lebih sehat dan cantik, menstabilkan emosi, dan memelihara sirkulasi darah.

Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan Prof.Dr.Hassan Yaakob, Phd dari Universitas Malaysia, teripang mampu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi gatal dan rasa sakit, menurunkan gula darah dan kolesterol, menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, merontokkan racun di hati, menyembuhkan maag, serta asma kronis.

Nah, itulah ke-6 hewan yang semula dikira menjijikan, namun bermanfaat di pandangan medis. Dengan mengetahui beragam hewan tersebut beserta manfaatnya, tentu bisa membantu anda dalam menemukan solusi yang pas dan tepat.

6 Hewan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Manusia Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ketika kita melihat ulat atau cacing, mungkin akan segera jauhkan ia di hadapan kita saking jijiknya dengan kenampakan mereka tersebut. Tapi, tahukah anda jika beberapa hewan yang dinilai menjijikan tersebut, ternyata memiliki manfaat untuk...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *