6 Buah-Buahan Pencegah Penyakit Stroke

Diposkan oleh : pada tanggal 12 Apr. 2016 Kategori Makanan Sehat

Penyakit stroke bisa disebabkan oleh adanya penyumbutan aliran darah yang disebut dengan stroke iskemik atau pecahnya pembuluh darah. Sehingga, aliran darah tidak mencapai otak yang disebut dengan stroke hemorrhagik.

Baca Juga: Obat Stroke Ringan

Salah satu gejala stroke adalah matinya sensor atau respon sebagian tubuh karena rusaknya jaringan otak. Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa mengkonsumsi buah-buahan dapat bermanfaat untuk kesehatan. Dan berikut ini 6 buah-buahan pencegah penyakit stroke yang harus anda ketahui.

6 Buah-Buahan Pencegah Penyakit Stroke

6 Buah-Buahan Pencegah Penyakit Stroke

Tomat
Hasil riset menujukkan bahwa kandungan lycopene, zat berwarna merah dalam tomat, dapat menurunkan risiko stroke pada pria dewasa.

Citrus
Hasil penelitian yang dilansir dalam jurnal Stroke menyimpulkan bahwa buah citrus dan sejenisnya, menurunkan hingga 19% risiko stroke iskemik yang diakibatkan oleh tersumbatnya pembuluh darah ke otak.

Kedelai
Kedelai bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit stroke. Kedelai dapat menurunkan kolesterol, khususnya kolesterol jahat (LDL) hingga 28%. Angka ini hampir menyamai angka yang dicapai dengan obat-obatan statin.

Apel
Konsumsi 1 buah apel sehari dapat menurunkan risiko penyakit stroke hingga 50%. Apel kaya akan kandungan quercetin yang terbukti mampu mengatasi inflamasi. Tentu hal ini relevan mengingat pengerasan pembuluh darah seringkali terjadi akibat inflamasi.

Pisang
Pisang sangat kaya akan kandungan kalium, Hasil riset menunjukkan bahwa diet rendah kalium (kurang dari 1.5 gram perhari) dapat meningkatkan risiko penyakit stroke hingga 28%.

Dan riset Health Professionals Follow-Up Study mendapati bahwa para partisipan penelitian yang mengonsumsi buah yang mengandung banyak kalium sebanyak sembilan porsi per hari ternyata 38 persen lebih rendah mengalami resiko peyakit stroke dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi empat porsi sehari.

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan juga baik untuk kesehatan pembuluh darah karena mengandung banyak asam folat. Menurut sebuah penelitian selama 20 tahun terhadap hampir 1.000 subyek dewasa, mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi dapat mengurangi resiko penyakit stroke hingga 20 persen.

Itulah beberapa buah-buahan yang berkhasiat untuk menurunkan risiko penyakit stroke. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Terimakasih

| 6 Buah-Buahan Pencegah Penyakit Stroke

6 Buah-Buahan Pencegah Penyakit Stroke Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyakit stroke bisa disebabkan oleh adanya penyumbutan aliran darah yang disebut dengan stroke iskemik atau pecahnya pembuluh darah. Sehingga, aliran darah tidak mencapai otak yang disebut dengan stroke hemorrhagik. Baca Juga: Obat Stroke Ringan...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *