Waspada! 5 Penyakit Ini Rentan Dialami Generasi Milenial

Diposkan oleh : pada tanggal 13 Apr. 2018 Kategori kesehatan penyakit

Waspada! 5 Penyakit Ini Rentan Dialami Generasi Milenial,- Generasi milenial atau disebut juga generasi Y merupakan kelompok demografi yang lahir pada rentang tahun 1980-1997. Karakteristik milenial berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial ekonomi. Namun, generasi milenial dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, terlebih lahi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi.

Generasi milenial hidup di era kemajuan ilmu teknologi. Mahir dalam teknologi memang membuat seakan-akan dunia berada dalam genggaman mereka. Namun, kemampuan tersebut justru membuat banyak generasi milenial bergaya hidup tidak sehat, seperti malas bergerak dan suka sekali mengonsumsi makanan instan.

Beberapa kebiasaan tersebut jika tidak terkontrol, bukan tidak mungkin akan mengancam kondisi kesehatan. Tak sedikit dari generasi ini yang sudah mengidap penyakit kronis saat usia mereka tergolong masih muda.

Dengan pola hidup yang tidak teratur, maka generasi milenial akan dihantui berbagai jenis penyakit berbahaya. Berikut ini merupakan 5 penyakit yang rentan dialami generasi milenial yang perlu diwaspadai, diantaranya :

  • Obesitas

Lebih dari dua pertiga orang dewasa di Amerika Serikat dianggap memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Jumlah tersebut mendekati kondisi Indonesia, dimana banyak individu yang tidak dapat mempertahankan berat badannya secara ideal.

Mempertahankan berat badan ideal yang sehat akan membuat Anda merasa dan terlihat lebih muda. Selain itu, hal ini juga bisa membantu Anda terhindari dari diabetes, penyakit jantung, osteoarthritis, penyakit hati, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Selain berhenti merokok, menurunkan berat badan juga merupakan hal terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan jangka panjang. Konsultasikan hal ini dengan dokter atau ahli gizi untuk menjalani program penurunan berat badan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

  • Diabetes tipe 2

Berdasarkan penelitian, meningkatnya kasus obesitas nyatanya juga ikut menyebabkan meningkatnya kasus diabetes tipe 2 pada anak. Temuan ini tentunya cukup mengejutkan karena obesitas dan diabetes semakin meningkat jumlahnya dikalangan remaja. Padahal, sebelumnya diabetes tipe 2 ini dikenal lebih banyak menyerang orang-orang berusia diatas 45 tahun.

Sebelum tahun 1990-an, diabetes tipe 2 jarang ditemui pada anak-anak. Tapi karena anak-anka dan remaja semakin banyak yang bertambah gemuk, maka jumlah kasus ini mulai meningkat. Sampai saat ini, diabetes tipe 2 jumlahnya terus meningkat pada tingkat yang mengkhawatirkan.

Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. Berdasarkan data dari Unit Kerja Koordinasi (UKK) Endokrinologi Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), menyebutkan setidaknya tercatata 731 anak dan remaja yang berusia dibawah 20 tahun mengidap diabetes melipus pada 2012. Angka ini meningkat dari jumlah total 590 anak dan remaja pada tahun 2011.

Jika diabetes tipe 1 dipicu oleh ketidakmampuan organ tubuh menghasilkan insulin, berbeda dengan diabetes 2 yang lebih dipicu oleh gaya hidup. Pola makan dengan kandungan kalori berlebih tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai, menjadi salah satu diantara penyebab utama diabetes tipe 2 terutama pada pasien yang berusia muda. Jika diabetes yang mungkin dialami oleh remaja tidak terkontrol, maka hal ini bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan, gangguan saraf, amputasi dan gagal ginjal.

  • Stroke

Sebagian besar orang mungkin berpikir jika stroke merupakan penyakit hanya hanya meneyrang orang tua. Namun, faktanya tidak demikian. Pasalnya, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam JAMA Neurologi, para peneliti menemukan bahwa pasien rawat inap yang disebabkan karena terkena stroke iskemik akut pada pria dan wanita mudah yang berusia 18 sampai 34 tahun meningkat sebesar 50% sejak tahun 2003 sampai dengan 2012. Stroke iskemik terjadi sebagai akibat dari tersumbatnya pembuluh darah yang memasok darah ke otak.

Stroke pada usia muda disebabkan oleh berbagai faktor dan relatif jarang terjadi dibandingkan pada orang yang lebih tua. Kebanyakan stroke pada orang dewasa yang lebih tua adalah karena aterosklerosis, atau lemak dan endapan kalsium di arteri yang menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. Sedangkan di kalangan anak muda, penyebabnya berkisar dari masalah kelainan jantung bawaan, aritmia, trauma, anemia sel sabit, merokok, dan migrain.

Selain itu, penggunaan obat-obatan terlarang seperti meth dan kokain juga berperan dalam meningkatnya kondisi ini. Berkurangnya aktivitas fisik atau sering mengonsumsi junk food juga bisa meningkatkan proses terjadinya stroke lebih cepat, yang biasanya terjadi pada stroke dengan usia lebih tua.

  • Penyakit jantung

Penyakit jantung datang dalam berbagai bentuk dan bisa menyebabkan komplikasi serius atau fatal jika tidak terdeteksi. Baik pria ataupun wanita rentan terhadap penyakit jantung, walaupun persentasenya lebih tinggi pada pria.

Risiko terjadinya penyakit kardiovaskular pada usia 20 dan 30-an biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti merokok, diabetes, obesitas, dan genetika. Kondisi ini akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Anda bisa membantu mencegah penyakit jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti tetap aktif dengan rutin berolahraga, atau pola tidur dengan baik, dan jauhi kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

  • Kesehatan mental

Untuk para generasi milenial, mungkin Anda akan terkejut ketika mengetahui maslaah kesehatan mental ternyata umum terjadi pada kelompok usia Anda. Kondisi seperti depresi dan stres banyak seklai dilaporkan berasal dari generasi milenial. Penyebabnya pun sangat beragam. Beberapa penyebabnya sering dikaitkan dengan penggunaan media sosial dan kemajuan teknologi lainnya.

By Sri Maryati

Waspada! 5 Penyakit Ini Rentan Dialami Generasi Milenial Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Waspada! 5 Penyakit Ini Rentan Dialami Generasi Milenial,- Generasi milenial atau disebut juga generasi Y merupakan kelompok demografi yang lahir pada rentang tahun 1980-1997. Karakteristik milenial berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial ekonomi. Namun,...
kesehatan penyakit - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *