5 Kondisi Rongga Mulut Pada Penderita Diabetes

Diposkan oleh : pada tanggal 27 May. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Komplikasi pada penderita diabetes bukan hanya terjadi pada mata, ginjal dan jantung saja namun juga pada rongga mulut.

Menurut Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut dari Difa Oral Health Center, drg Widya Apsari membeberkan 5 hal yang harus kita tahu tentang diabetes dan kondisi rongga mulut yang dikutip dari situs resmi DOHC yang ditulis langsung oleh dia sendiri pada Rabu (18/05/2016).

5 Kondisi Rongga Mulut Pada Penderita Diabetes

5 kondisi rongga mulut penderita diabetes

  • Gigi berlubang

Pengidap diabetes memiliki risiko tinggi megnalami gigi berlubang lantaran jumlah air ludah berkurang gara-gara rutin mengonsumsi obat diabetes.

  • Kerusakan jaringan penyangga gigi

Penderita diabetes rentan mengalami periodontis atau kerusakan jaringan penyangga gigi yang membuat gigi tanggal secara spontan. Hal ini terjadi karena diabetes meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada tulang, termasung tulang rahang.

  • Infeksi jamur dan bakteri

Akibat dari terjadinya penurunan ketahanan mukosa (kulit) didalam rongga mulut, sehingga mudah terkena infeksi jamur dan bakteri pada rongga mulut.

  • Luka yang sulit sembuh

Diabetesi atau penderita diabetes akan mengalami kondisi luka yang sulit sembuh. Umumnya terjadi setelah melakukan pencabutan gigi.

  • Perubahan Indera pengecapan lidah

Penderita diabetes juga akan mengalami perubahan atau berkurangnya indera pengecapan pada lidah sehingga pasien diabetes cenderung menambahkan garam pada makanannya. Tidak heran, bila terjadi peningkatan risiko penyakit jantung.

Kelima kondisi kesehatan rongga mulut Anda juga sering dijadikan sebagai petunjuk diagnosa penyakit diabetes oleh dokter gigi. Sehingga dokter gigi dapat mengarahkan pasien untuk segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah untuk diagnosa dini dari diabetes.

| 5 Kondisi Rongga Mulut Pada Penderita Diabetes

5 Kondisi Rongga Mulut Pada Penderita Diabetes Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Komplikasi pada penderita diabetes bukan hanya terjadi pada mata, ginjal dan jantung saja namun juga pada rongga mulut. Menurut Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut dari Difa Oral Health Center, drg Widya Apsari membeberkan 5...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *