5 Jenis Vaksin yang Wajib Diterima Anak Indonesia

Diposkan oleh : pada tanggal 16 Jun. 2017 Kategori Anak dan Kehamilan kesehatan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalimat ini sangat cocok untuk menggambarkan fungsi dari vaksinasi. Dimana pemberian vaksin ini dilakukan untuk memberikan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak terhadap penyakit. Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka vaksin ini harus segera diberikan setelah bayi lahir.

Walaupun tidak dapat melindungi anak dari penyakit 100%, namun pemberikan vaksin tetap bermanfaat untuk mengurangi risiko anak mengidap suatu penyakit.

Sesuai dengan program organisasi kesehatan dunia WHO, pemerintah mewajibkan 5 jenis vaksin bagi anak-anak, yang disebut Program Pengembangan Imunisasi (PPI). Sedangkan 7 lainnya dianjurkan untuk menambah daya tahan tubuh terhadap beberapa jenis penyakit.

Berikut ini 5 jenis vaksin yang wajib diterima anak Indonesia, diantaranya adalah :

1. Polio

Vaksin ini diberikan untuk bayi yang berusia 2-4 bulan sebanyak 2 tetes dalam sekali pemberian. Dan pemberian polio ulangan pada usia sekolah (5-6 tahun).

2. Campak

Pemberian vaksin campak dilakukan pada bayi usia 9 bulan. Dari Jurnal Sari Pediatri tahun 2000, pemberian vaksin campak ulangan diberikan saat aank masuk sekolah dasar (5-6 tahun).

3. Hepatitis B

Vaksin hepatitis B wajib diberikan pada bayi yang berusia 0-7 hari. Jika anak belum diberikan vaksin hepatitis B hingga usia 5 tahun, maka harus segera diberikan. Pemberian vaksin ini juga bisa dipertimbangkan saat anak berusia 10-12 tahun.

4. DPT-HB-Hib

Vaksin ini merupakan kombinasi dari vaksin Jerap Difteri, Tetanus, Pertusis, Hepatitis B Rekombinan, dan Haemophilus influenza tipe B. Pemberian vaksin DPT-HB-Hib ini dilakukan saat bayi berusia 2 bulan.Pada Jurnal Sari Pediatri tahun 2000, pemberian vaksin ini juga dilakukan pada usia 3-5 bulan dan 4-6 bulan.

5. BCG (Bacille Calmette-Guerin)

Vaksin ini berfungsi untuk mencegah penyakit tuberkulosis (TBC) dan sebaiknya diberikan pada bayi berusia 1 bulan. Menurut Jurnal Sari Pediatri, dosis kedua diberikan 1-2 bulan kemudian, dan dosis ketiga diberikan 6 bulan setelah vaksinasi BCG pertama.

By Sri Maryati

5 Jenis Vaksin yang Wajib Diterima Anak Indonesia Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalimat ini sangat cocok untuk menggambarkan fungsi dari vaksinasi. Dimana pemberian vaksin ini dilakukan untuk memberikan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak terhadap penyakit. Untuk mendapatkan hasil terbaik, maka...
Anak dan Kehamilan kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *