5 Fakta Seputar Hipertensi

Diposkan oleh : pada tanggal 5 Nov. 2014 Kategori Masalah Kesehatan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ditentukan dengan jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah pada arteri. Semakin banyak darah yang dipompa jantung, maka arteri menyempit dan meningkatkan tekanan darah. Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadi hipertensi seperti makanan, usia, stress, bahkan kehamilan yang perlu anda ketahui untuk memberikan penanganan yang tepat dan aman jika anda mengetahui apa yang menyebabkan hipertensi terjadi pada anda. Selain itu, anda juga perlu mengetahui mengenai 5 Fakta Seputar Hipertensi.

5 Fakta Seputar Hipertensi

fakta seputar hipertensi

Memeriksa tekanan darah tanpa memandang usia

Sebagian besar orang menganggap bahwa hipertensi kronis hanya terjadi pada orang dewasa pada usia lanjut, namun fakta mengungkap jika semua orang dari anak-anak hingga dewasa memiliki resiko hipertensi. Oleh karena itu, pastukan bahwa anda dan keluarga memeriksakan tekanan darah secara teratur.

Termotivasi untuk menjaga tekanan darah

Jika anda didiagnosis menderita hipertensi, anda perlu memupuk motivasi untuk menangani kondisi tersebut. Manajemen hipertensi yang baik akan membantu untuk tetap sehat dan menjaga kualitas kehidupan anda. Mulailah belajar tentang cara mengelola tekanan darah dan apa yang harus dihindari.

Memahami hipertensi

Pada kebanyakan kasus, akar penyebab hipertensi tidak diketahui.  Mengetahui apa dampak hipertensi dapat membantu penderita secara aktif mengelola penyakitnya. Mulailah dengan mencari tahu apakah Anda memiliki hipertensi primer atau sekunder. Hipertensi primer adalah jenis hipertensi yang biasanya disebabkan oleh resistensi insulin atau diabetes. Sementara hipertensi sekunder dapat dikendalikan dengan mengubah diet dan menurunkan stres. Buatlah jurnal kesehatan dan periksa tekanan darah Anda dari waktu ke waktu untuk membantu memahami hipertensi dengan lebih baik.

Pelajari tentang perubahan gaya hidup dan pengobatan yang tepat

Setelah mengumpulkan informasi tentang hipertensi yang anda derita, berkonsultasilah dengan dokter tentang berbagai pilihan pengobatan yang kemungkinan dapat anda jalani. Makanlah makanan yang rendah lemak, diet rendah sodium, berolahraga secara teratur, menghindari alkohol, tembakau dan kafein, dan mengurangi stres adalah langkah-langkah yang dapat anda ambil untuk mengurangi tekanan darah.

Hindari obat flu dan batuk

Obat flu dan batuk dapat meningkatkan tekanan darah dengan memicu konstriksi pembuluh darah. Jika anda menderita hipertensi, obat-obatan jenis ini dapat berbahaya bahkan dapat menempatkan anda pada resiko stroke. Untuk itu, hindari minum obat flu dan batuk jika Anda didiagnosis hipertensi.

Itulah 5 fakta seputar hipertensi yang perlu anda ketahui khususnya bagi yang telah didiagnosa menderita hipertensi. Semoga bermanfaat dan lekas sembuh. 🙂

Sumber ( www.merdeka.com )

~ Tips Sehat Online ~

5 Fakta Seputar Hipertensi Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Hipertensi atau tekanan darah tinggi ditentukan dengan jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah pada arteri. Semakin banyak darah yang dipompa jantung, maka arteri menyempit dan meningkatkan tekanan darah. Ada...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *