4 Asupan Vitamin Terbaik untuk Bantu Atasi Insomnia

Diposkan oleh : pada tanggal 19 Jan. 2018 Kategori kesehatan

4 Asupan Vitamin Terbaik untuk Bantu Atasi Insomnia,- Insomnia merupakan gangguan tidur yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari konsumsi kafein yang berlebihan, pengaruh obat-obatan, stres berat dan ganggan psikologis lainnya, hingga pola tidur yang berantakan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi insomnia, salah satunya adalah dengan meningkatkan asupan beberapa vitamin penting. Berikut ini merupakan 4 asupan vitamin terbaik untuk bantu atasi insomnia :

*) Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang, kulit, dan gigi.

dilansir dari Science Daily, sebuah studi yang dipersentasikan di European Congress of Endocrinology pada bulan April 2010 lalu melaporkan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelelahan kronis dan sulit tidur pada pasien yang mengalami kerusakan otak.

Kekurangan vitamin D bisa dihindari dengan mengonsumsi produk susu, ikan, dan tiram. Tubuh manusia sendiri juga bisa menghasilkan vitamin D dalam jumlah besar melalui paparan sinar matahari. Jika Anda termasuk orang yang jarang terpapar sinar matahari, maka boleh memanfaatkan suplemen vitamin D asalkan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dosis yang berlebihan bisa menyebabkan batu ginjal, muntah, dan nyeri otot.

*) Vitamin A

Vitamin A atau retinol merupakan salah satu vitamin yang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya yaitu untuk mengatasi insomnia. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam STKE Science edisi Februari 2006, disebutkan bahwa asam retinoat, bentuk aktif dari vitamin A, berperan penting dalam pengaturan beberapa fungsi otak, terutama yang bertugas mengatur sinyal tidur dan untuk ketajaman memori.

Vitamin A bisa didapatkan dari makanan yang kaya akan daging, telur, unggas, dan produk susu. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin A yang bisa dibeli di toko obat atau apotek. Jangan mengonsumsi vitamin A secara berlebihan. Pasalnya overdosis vitamin A bisa menyebabkan nyeri tulang, pusing, sakit kepala, dan kerusakan hati yang justru bisa membuat tidur semakin tidak nyenyak.

*) Vitamin B-12

Vitamin B-12 yaitu vitamin yang larut dalam air yang berperan penting dalam metabolisme dan pembentukan sel darah merah. Kekurangan vitamin B-12 bisa menyebabkan anemia, kehilangan keseimbangan, dan kelemahan fisik.

Mencukupi kebutuhan vitamin B-12 bisa menjadi cara yang perlu dipertimbangkan untuk membantu mengatasi insomnia. Hal ini disebabkan karena kekurangan vitamin B-12 juga dapat menyebabkan masalah tidur nyenyak.

Sumber vitamin B-12 terbaik yaitu telur, daging, kerang, unggas, dan produk susu. Jika Anda memilih suplemen, dosis standar yang direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas tidur malam adalah 1,5-3 mg setiap ahri. Mendapatkan waktu tidur malam yang cukup juga dapat meningkatkan konsentrasi, mood, dan kebugaran tubuh sepanjang hari.

Artikel terkait : 11 Jenis Insomnia yang Mungkin Belum Diketahui

By Sri Maryati

4 Asupan Vitamin Terbaik untuk Bantu Atasi Insomnia Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
4 Asupan Vitamin Terbaik untuk Bantu Atasi Insomnia,- Insomnia merupakan gangguan tidur yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari konsumsi kafein yang berlebihan, pengaruh obat-obatan, stres berat dan ganggan psikologis lainnya, hingga pola...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *