3 Keunggulan Mengkonsumsi Seafood Yang Baik Untuk Kesehatan

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Apr. 2018 Kategori Makanan Sehat

Anda mungkin salah satu penggemar makanan laut atau Seafood. Indonesia sendiri adalah negara maritim, dimana belasan ribu kepulauannya dikelilingi oleh lautan sehingga sebagian besar masyarakat menjadikan Seafood sebagai makanan pokok.

3 Keunggulan Mengkonsumsi Seafood Yang Baik Untuk Kesehatan

Adapun beragam sumber makanan laut ini cukup banyak jenisnya, mulai dari segala jenis ikan, kerang, dan binatang laut lainnya yang aman untuk dikonsumsi. Tidak hanya rasanya yang nikmat, jika kita mengkonsumsi Seafood juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sebab, Seafood atau makanan laut ini memiliki kandungan zat gizi yang cukup tinggi, terutama untuk kesehatan tulang dan juga gigi. Akan tetapi, jika Seafood ini diolah dan dikonsumsi secara tidak tepat, maka manfaatnya akan berubah menjadi malapetaka.

Seperti contoh, Anda memasak Seafood yang diolah dengan cara digoreng akan meningkatkan kandungan lemak jahat di dalamnya. Jika kemudian menu ini dikonsumsi, lagi dalam jumlah berlebihan, kadar kolesterol di dalam tubuh akan melonjak. Karena itulah, seafood sebaiknya diolah dengan cara direbus atau dipanggang dan dikonsumsi secukupnya saja.

Terlepas dari kontroversi karena kadar kolesterol dan kandungan merkuri pada Seafood, Anda juga harus mengetahui tentang alasan penting seafood baik untuk kesehatan. Berikut adalah 3 Keunggulan Mengkonsumsi Seafood Yang Baik Untuk Kesehatan seperti dilansir laman klikdokter.

1. Sebagai pelindung jantung.

Ikan merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 terbaik, yang sangat penting untuk tubuh dan otak. Makan setidaknya satu porsi ikan per minggu telah dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung dan strok, dua dari pembunuh terbesar di dunia. Selain itu, sebuah penelitian menyebut bahwa makan ikan dua kali seminggu bisa memenuhi sumber protein tanpa lemak. Berarti, makan ikan mampu mengganti daging sapi atau protein hewani lain yang lebih tinggi dalam lemak jenuh. Seperti yang Anda tahu, lemak jenuh adalah salah satu penyebab utama dalam perkembangan penyakit jantung.

2. Mengembangkan kinerja otak.

Asupan DHA yang ditemukan hampir secara eksklusif pada ikan, berhubungan dengan perkembangan otak dan mata yang tepat pada bayi. Sebuah studi 2016 di American Journal of Epidemiology menyebut bahwa ibu dengan asupan ikan yang tinggi (sekitar 2 hingga 3 porsi per minggu) lebih mungkin memiliki anak dengan skor kognitif yang lebih tinggi. Di samping itu, sang anak juga memiliki risiko lebih rendah didiagnosis autisme. Kekurangan DHA selama kehamilan dan beberapa bulan pertama kehidupan, konon terkait dengan kecerdasan yang lebih rendah dan penglihatan yang buruk.

3. Mood booster alami.

Asupan asam lemak omega-3 yang lebih rendah, telah ditemukan pada mereka yang mengalami depresi dan kecemasan. Korelasi ini menarik, namun tidak memiliki alasan ilmiah yang terlalu kuat. Pada sisi lain, penelitian terbaru menunjukkan bahwa menambahkan omega-3, terutama bentuk EPA yang ditemukan hampir secara eksklusif pada ikan, dapat memperbaiki gejala yang terkait dengan depresi, termasuk depresi pasca melahirkan. Satu penelitian bahkan menyebutkan bahwa suplemen EPA memiliki efek yang setara dengan obat antidepresan. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, seperti ikan, bisa menjadi solusi alternatif sementara untuk memberikan peregangan pikiran akibat depresi.

Asalkan kita mengonsumsi Seafood dalam takaran yang pas, tentu akan memberi manfaat bagi tubuh kita.

Posted by Hani.

3 Keunggulan Mengkonsumsi Seafood Yang Baik Untuk Kesehatan Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Anda mungkin salah satu penggemar makanan laut atau Seafood. Indonesia sendiri adalah negara maritim, dimana belasan ribu kepulauannya dikelilingi oleh lautan sehingga sebagian besar masyarakat menjadikan Seafood sebagai makanan pokok. Adapun beragam sumber makanan...
Makanan Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *