Mengetahui 11 Jenis Insomnia yang Mungkin Belum Diketahui

Diposkan oleh : pada tanggal 16 Jan. 2018 Kategori kesehatan

Mengetahui 11 Jenis Insomnia yang Mungkin Belum Diketahui,- Banyak yang telah mengetahui jika insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang mungkin cukup banyak dialami. Insomnia adalah kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur cukup lama sesuai dengan waktu yang diperlukan tubuh meski ia memiliki kesempatan untuk melakukannya.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan insomnia pada jangka waktu yang cukup lama, mulai dari akibat gaya hidup dan masalah kenyamanan ruangan kamar, sampai akibat gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan tertentu.

Perlu diketahui, jika selama ini kita hanya mengenal insomnia saja, ternyata gangguan tidur ini juga memiliki banyak jenis. Berikut ini merupakan 11 jenis insomnia yang mungkin belum diketahui, diantaranya :

  • Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan Anda merasa sangat sulit mulai tidur, sulit untuk tidur nyenyak, atau keduanya disaat bersamaan. Kondisi ini bisa menjadi kronis sehingga membuat Anda sama sekali tidak bisa tidur bahkan ketika Anda ingin tidur.

Insomnia kronis bisa bertahan sampai setidaknya 3 malam berturut-turut dalam waktu satu minggu dan berjalan selama sebulan atau lebih. Jika mengalami insomnia, biasanya Anda akan bantun tidur dalam kondisi lelah, yang dapat memengaruhi kemampuan Anda beraktivitas pada siang hari.

  • Insomnia akut

Gangguan tidur ini sering disebuyt juga dengan insomnia jangka pendek atau insomnia kambuhan. Insomnia akut dapat bertahan dari satu malam hingga beberapa mingg.

Kondisi ini bisa disebabkan karena Anda sedang merasa stres. Jenis insomnia akut biasanya akan hilang setelah Anda bisa mengatasi biang stres yang dialami. Namun, hal ini juga bisa disebabkan karena Anda memikirkan sesuatu secara berlebihan, termasuk ketika Anda terlalu gembira.

  • Insomnia psikologis

Jenis insomnia ini disebabkan oleh gangguan kecemasan. Orang yang dihinggapi rasa cemas akan sulit untuk memulai tidur. Selain itu, rasa cemas juga dapat membuat seseorang menajdi kesulitan untuk mempertahankan tidur, sehingga dia sering terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur kembali.

Kecemasan bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya stres karena kondisi keuangan, masa depan, dan cemas memikul tanggungjawab pekerjaan. Bahkan rasa cemas dan panik karena tidak bisa tidur pun dapat membuat seseorang jadi benar-benar tidak bisa tidur.

  • Insomnia idiopatik

Insomnia idiopatik yaitu gangguan tidur yang terjadi seumur hidup, dimulai ketika bayi atau masa anak-anak dan berlanjut hingga dewasa. Jenis insomnia ini belum diketahui penyebabnya.

Hal ini mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang memengaruhi jam biologis tubuh. Misalnya, hormon melatonin yang diproduksi terlalu sedikit di malam hari, sehingga anda justru merasa segar bugar sepanjang malam.

  • Insomnia paradoks

insomnia paradoks adalah keluhan insomnia berat. Orang dengan gangguan ini sering mengaku tidur cuman sebentar atau bahkan tidak tidur sama sekali selama semalaman atau lebih. Terkadang pasien insomnia jenis ini juga merasa memiliki kesadaran yang kuat terhadap lingkungan atau mudah terjaga, mudah marah, dan terlalu bergairah.

Karakteristik utama dari jenis insomnia ini adalah Anda memerlukan waktu yang sangat lama untuk bisa tertidurm namun juga meremehkan total jam tidurnya.

  • Insomnia anak-anak

Jenis insomnia ini terjadi ketika anak-anak akan tidur kecuali orangtua atau pengasuhnya memaksa mereka untuk tidur. Jika anak-anak dibiasakan memiliki jam tidur, maka mereka akan cenderung memiliki jam tidur normal sedangkan anak-anak yang tidak dibiasakan memiliki jam tidur cenderung lebih mudah terbangun di malam hari.

  • Insomnia organik

Jenis insomnia ini disebabkan oleh gangguan medis, kondisi fisik, atau paparan senyawa kimia tertentu. Namun, penyebab pastinya tidak jelas. Diperlukan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pastinya. Nama insomnia ini dapat digunakan untuk sementara sampai pasien mendapatkan dioagnosis lebih lanjut.

  • Insomnia nonorganik

Jenis insomnia ini disebabkan oleh gangguan kesehatan mental dan faktor psikologis. Jenis insomnia nonorganik biasanya digunakan ketika seseorang dengan insomnia tidak memenuhi kriteria untuk kesepuluh jenis insomnia lainnya.

  • Insomnia akibat obat-obatan atau zat kimia tertentu

Insomnia jenis ini biasanya disebabkan oleh asupan stimulan dari konsumsi obat-obatan tertentu, kafein, alkohol, dan/atau makanan tertentu, misalnya makanan pedas, sehingga Anda sulit untuk tidur nyenyak.

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan insomnia ini adalah dengan menghentikan penggunaan obat atau makanan dan minuman yang mengandung suatu senyawa kimia yang membuat Anda sulit tidur.

  • Insomnia karena kondisi medis

Beberapa jenis gangguan jiwa dapat menyebabakn insomnia sebagai salah satu gejalanya. Misalnya, depresi, gangguan bipolar, dan gangguan kecemasan. ADHD, meskipun tidak tergolong sebagai penyakit mental, juga bisa menyebabkan masalah tidur.

Tingkat keparahan jenis insomnia ini berhubungan langsung dengan seberapa parah kondisi yang dialami. Namun, biasanya pengobatan kedua kondisi yang saling terkait ini akan dipisah, terlebih jika tingkat insomnia Anda parah.

  • Susah tdiur (sleep onset insomnia)

Anda dikatakan sulit tidur ketika Anda merasa sulit untuk mulai tidur. Anda sudah berbaring di kasu, sudah memejamkan mata dan siap untuk tidur, tetapi tidak kunjung bisa terlelap. Akibatnya, Anda harus terus berbaring terjaga selama berjam-jam, menatapi gelapnya langit-langit rumah.

Sleep onset insomnia juga menyebabkan anda sering terbangun di tengah malam dan sulit untuk kembali tidur, dan/atau selalu bangun jauh lebih cepat dari yang diinginkan. Susah tidur ini bisa disebabkan oleh kondisi medis atau masalah psikologis, seperti stres berat atau gangguan kecemasan hingga depresi.

By Sri Maryati

Mengetahui 11 Jenis Insomnia yang Mungkin Belum Diketahui Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mengetahui 11 Jenis Insomnia yang Mungkin Belum Diketahui,- Banyak yang telah mengetahui jika insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang mungkin cukup banyak dialami. Insomnia adalah kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau...
kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *