10 Tips Untuk Mendapatkan Meditasi Terbaik

Diposkan oleh : pada tanggal 9 Nov. 2015 Kategori Tips Sehat

Meditasi seringkali memang dibutuhkan untuk orang-orang yang memiliki jadwal / pekerjaan yang padat dan memerlukan pikiran tenang agar tidak penat dan cepat frustasi. Meditasi sangat baik jika dilakukan dengan benar dan sekarang ini ada banyak sekali klub atau perkumpulan orang-orang yang suka bermeditasi di kota-kota besar. Tujuannya sangat baik, untuk mencegah stress yang berlebihan terjadi pada kita sewaktu-waktu. Namun, jika Anda ingin mencoba bermeditasi sendiri, Anda juga bisa melakukannya. Berikut ini, adalah beberapa tips meditasi terbaik yang dapat Anda coba sendiri dirumah. Seperti apa? Simak selengkapnya:

meditasi

1.  Jadikan Meditasi Sebagai Aktivitas Pertama Anda di Pagi Hari.

Biasakanlah untuk melakukan meditasi setelah Anda bangun tidur, sebelum Anda melakukan hal-hal lain seperti menyiapkan sarapan atau membereskan kamar tidur Anda.  Mengawali aktivitas Anda dengan meditasi bisa membuat Anda merasa tenang sepanjang hari sekaligus menyingkirkan mimpi-mimpi buruk yang Anda alami selama Anda tidur semalaman.  Secara psikologis, melakukan meditasi di pagi hari juga terbukti efektif untuk mengurangi rasa khawatir, cemas, dan takut menghadapi hari yang baru.

2.  Mulai Meditasi Dengan Fokus Pada Pernapasan.

Inti utama dari meditasi adalah cara Anda bernafas.  Awalilah meditasi Anda dengan berfokus pada cara Anda bernafas.  Bernafaslah dengan pelan, ambil nafas dalam-dalam, hembuskan secara perlahan, dan rasakan iramanya seiring dengan irama detak jantung Anda.  Jika pernapasan sudah bisa diatur dengan baik, maka Anda sudah menapaki 50% tahap meditasi.

3.  Lakukan Sedikit Pemanasan Sebelum Meditasi.

Hal ini bisa membuat tubuh anda merasa lebih nyaman ketika harus duduk fokus saat melakukan meditasi.  Ada beberapa pemanasan yang sangat membantu proses meditasi, di antaranya adalah “stretching”.  Proses ini bisa dilakukan sambil berbaring atau duduk, dan ingat untuk tidak melakukannya secara berlebihan karena bisa membuat anda justru kelelahan sebelum bermeditasi.

4.  Meditasi adalah cara Anda MEMFOKUSKAN pikiran, bukan mengosongkan pikiran.

Konsep ini terutama harus dipahami bagi Anda yang baru akan melakukan meditasi.  Meditasi adalah sebuah proses aktif yang akan bermanfaat apabila Anda fokus pada tujuan.  Lakukanlah meditasi sebagai aktivitas dengan tujuan tertentu, misal untuk menenangkan pikiran, relaksasi, atau menghilangkan stress.  Jangan mengosongkan pikiran pada saat meditasi.  Anda justru harus fokus pada satu hal, misal irama nafas Anda, detak jantung Anda, atau mungkin figur Sang Pencipta.

5.  Disiplin.

Cobalah untuk melakukan meditasi secara rutin agar manfaatnya lebih terasa.  Jangan mudah untuk mencari-cari alasan untuk melewatkan meditasi harian Anda.  Dengan melakukan meditasi secara disiplin, Anda tidak hanya akan merasakan manfaat secara psikologis, namun juga secara fisik.

6.  Eksperimen.

Cobalah untuk melakukan berbagai eksperimen dalam teknik meditasi Anda.  Cobalah untuk bermeditasi dari teknik yang paling konvensional seperti bersila, hingga telnik-teknik yang lebih spesifik seperti dalam Meditasi Yoga, Meditasi Cakra, atau Meditasi Lotus.  Selama eksperimen, Anda akan menemukan teknik meditasi yang mungkin paling nyaman bagi anda dan bisa digunakan untuk jangka panjang.

7.  Sediakan Tempat Khusus Untuk Meditasi.

Tak perlu satu ruangan besar, mungkin hanya di salah satu pojok kamar Anda sekalipun, atau di sudut tertentu teras rumah.  Dengan melakukan hal ini, Anda tentunya akan bisa lebih fokus dalam melakukan meditasi dan akan merasa melakukan kegiatan yang lebih spesial.  Pastikan pula untuk menjaga kebersihan ruangan meditasi anda dari berbagai kotoran dan debu.

8.  Nyalakan Lilin.

Teknik ini berguna sekali untuk meningkatkan fokus Anda.  Terutama bagi pemula, berfokus pada satu titik dengan mata terpejam akan sedikit susah.  Untuk mengakalinya, Anda bisa menyalakan sebatang lilin dan menjadikannya sebagai titik fokus pandangan mata Anda selama bermeditasi.  Akan lebih baik jika Anda membeli lilin yang menebarkan aroma terapi jika dinyalakan.

9.  Manfaatkan Musik Meditasi.

Sekarang ini ada banyak musik-musik meditasi yang bisa membantu Anda lebih merasa nyaman dalam meditasi.  Ada yang berupa instrumental, nyanyian, ada juga musik suara alam yang membuat anda seolah-olah sedang bermeditasi di tengah hutan.  Pilih satu musik yang bisa membuat Anda benar-benar bisa merasa rileks saat melakukan meditasi.

10.  Nikmati Proses Meditasi Anda.

Jangan merasa stress atau terbebani.  Jangan terburu-buru pula untuk menilai hasil meditasi Anda.  Ingat, meditasi adalah sebuah proses jangka panjang yang manfaatnya akan terasa secara signifikan apabila anda melakukannya secara teratur.  Pastikan untuk menjadikan meditasi sebagai aktivitas yang menyenangkan di tengah kesibukan harian Anda.

Demikianlah 10 Tips Untuk Mendapatkan Meditasi Terbaik yang terbit hari ini pada situs Tips Sehat Online. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Salam!

10 Tips Untuk Mendapatkan Meditasi Terbaik Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Meditasi seringkali memang dibutuhkan untuk orang-orang yang memiliki jadwal / pekerjaan yang padat dan memerlukan pikiran tenang agar tidak penat dan cepat frustasi. Meditasi sangat baik jika dilakukan dengan benar dan sekarang ini ada...
Tips Sehat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *