10 Manfaat Daun Urang Aring Yang Tidak Banyak Diketahui

Diposkan oleh : pada tanggal 11 Mar. 2017 Kategori manfaat

Daun urang aring adalah daun dari tanaman yang mempunyai nama yang sama yaitu tanaman urang aring. Tanaman ini mempunyai nama latin Eclipta Alba. Tanaman ini salah satu jenis tanaman liar, yang biasanya tidak dibudidayakan secara khusus. Tanaman urang aring biasanya dapat ditemukan di kebun-kebun dan hutan. Daunnya yang paling banyak dimanfaatkan tanaman ini. Sebab daun urang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, rambut dan kecantikan.

10 Manfaat Daun Urang Aring Yang Tidak Banyak Diketahui

Tanaman urang aring dapat tumbuh sampai mencapai 80 cm, memiliki batang yang berbentuk bulat berwana hijau kecoklatan, juga ditumbuhi rambut agak kasar yang berwarna putih. Daunnya berwarna hijau, bentuknya bulat telur memanjang, ujung daunnya meruncing, pinggiran daunnya bergerig halus atau hampir rata. Bunga yang terdapat pada tanaman ini berwarna putih, majemuk dan berbentuk bongkol kecil-kecil. Buah yang terdapat pada tanaman ini juga agak pipih memanjang, keras dan berbulu.

Di indonesia, tanaman urang aring mempunyai nama panggilan berbeda di tiap-tiap daerah. Masyarakat madura menyebutnya te-lenteyan, di sumatera orang-orang menyebutnya daun sipat dan keremak janten, di banda orang-orang menyebutnya daun tinta dan di jawa orang-orang menyebutnya urang aring. Di indonesia, tanaman ini dijadikan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit dan juga sebagai salah satu bahan campuran pada shampo. Namun, sayangnya tidak semua masyarakat indonesia mengetahui manfaat daun urang aring. Sama seperti di indonesia, di cina juga tanaman urang aring dijadikan sebagai obat tradisional.

Manfaat Daun Urang Aring Bagi Kesehatan

Mengatasi sengatan dari hewan berbisa

Salah satu manfaat daun urang air bagi kesehatan adalah dapat membantu mengatasi sengatan akibat hewan yang berbisa. Dengan mengompres luka bekas gigitas hewan berbisa, sehingga racun yang masuk ke dalam tubuh bisa dinetralisir. Akan tetapi hanya berlaku pada bisa hewan yang ringan.

Mengobati berbagai macam penyakit kulit

Daun urang juga dapat bermanfaat untuk mengobati jenis penyakit eksternal termasuk di bagian kulit. Ada beberapa penyakit kulit yang dapat diobati dengan daun urang aring diantaranya iritasi kulit, eksim, kutu air, ruam dan bekas luka.

Cara mengolah daun urang aring untuk mengobati penyakit kulit yaitu sediakan terlebih dahulu beberapa lembar daun urang aring, cuci dengan air yang bersih, kemudian iris dan rajang kasar daun urang aring. Remas sedikit daun urang aring, kemudian tempelkan dan kompres pada bagian kulit yang mengalami gangguan.

Gangguan lambung

Bagi anda yang sedang mengalami gangguan lambung berupa radang lambung, diare, asam lambung dan lain-lain. Maka minumlah air rebusan daun urang aring yang dapat membantu mengatasi gangguan pada lambung.

Cara mengolah daun urang aring untuk gangguan lambung adalah sediakan beberapa lembar daun urang aring, cuci terlebih dahulu dengan air bersih, rebus dengan menggunakan air hingga mendidih. Diamkan sebentar sampai hangat, setelah hangat saring dan minum air rebusannya. Selain di rebus, daun urang aring juga bisa dikonsumsi langsung sebagai lalapan.

Mengobati gangguan hati

Daun urang aring juga bermanfaat dapat membantu mengobati gangguan hati. Gangguan pada fungsi organ hari terjadi karena beberapa hal diantaranya keracunan atau over dosis  dari kandungan bahan kimi tertentu seperti obat-obatan yang bisa menyebabkan hati bekerja lebih berat dan mengakibatkan gangguan pada organ hatii.

Manfaat lainnya daun urang aring bagi kesehatan diantaranya menurunkan panas, bertindak sebagai anti-bakteri, dapat membantu untuk menyehatkan syaraf, bertindak sebagai anti-hipertensi dan mengatasi keputihan.

Daun urang aring tidak hanya berman bagi kesehatan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan rambut diantaranya menghitamkan rambut, menghilangkan ketombe dan menyuburkan rambut. Cara mengolah daun urang aring untuk menyuburkan rambut atau merawat rambut yaitu sediakan terlebih dahulu beberapa lembar daun urang aring, cuci dengan air bersih, rendam daun urang aring ke dalam air, remas-remas daunnya sampai airnya menjadi warna hitam dan oleskan hasil rendaman daun urang aring ke kepala dan bagian rambut.

Semoga informasi tentang manfaat daun urang aring bagi kesehatan dan untuk rambut dapat bermanfaat. Sama seperti daun cincau, daun pandan, daun sirih merah dan beberapa tanaman lainnya, daun urang aring juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

10 Manfaat Daun Urang Aring Yang Tidak Banyak Diketahui Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Daun urang aring adalah daun dari tanaman yang mempunyai nama yang sama yaitu tanaman urang aring. Tanaman ini mempunyai nama latin Eclipta Alba. Tanaman ini salah satu jenis tanaman liar, yang biasanya tidak dibudidayakan...
manfaat - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *