10 Bahan Alami Untuk Meredakan Panas Demam

Diposkan oleh : pada tanggal 2 Jun. 2016 Kategori Masalah Kesehatan

Demam adalah cara alami tubuh dalam melawan infeksi seperti flu, dll. Gejala yang ditimbulkan saat Anda mengalami flu diantaranya yaitu tubuh menjadi lemas, dan mengeluarkan keringat, sakit kepala, serta hilangnya nafsu makan.

Ketika terjadi demam tinggi, Anda tidak perlu khawatir karena dibawah ini akan kami sajikan 10 bahan alami untuk meredakan panas demam yang baik untuk semua orang dan bisa diolah dengan sendiri.

10 Bahan Alami Untuk Meredakan Panas Demam

10 bahan alami untuk meredakan panas demam

  • Air kunyit

Cara membuatnya yaitu rebuslah satu ruas kunyit ke dalam 100 ml air bersih dan minumlah satu sendok makan setiap satu jam hingga demam membaik. Pengobatan menggunakan kunyit bisa menurunkan panas demam dengan cepat.

  • Estrak kismis

Bahan ini bisa dimanfaat sebagai tonik alami sehingga sangat baik untuk meredakan demam. Cara membuatnya yaitu rendam 25-30 butir kismis kedalam segelas air. Setelah kismis melunak, hancurkan menggunakan sendok. Lalu, campurkan satu sendok makan perasan air jeruk nipis kedalam gelas. Minumlah racikan tersebut 2 kali sehari.

  • Buah pulm atau aprikot

Buah yang satu ini bermanfaat untuk mendinginkan suhu tubuh. Caranya yaitu siapkan satu gelas jus aprikot yang dicampurkan madu untuk menghilangkan racun dari tubuh. Jus ini juga bermanfaat untuk menyediakan mineral dan vitamin yang diperlukan hati, lambung dan mata.

  • Jus jeruk bali

Rasa panas yang ditimbulkan akibat demam, dapat didinginkan dengan mengkonsumsi jus tersebut pada pagi dan sore.

  • Orange jus

Selain mengatasi demam, orange jus juga dapat mengatasi gangguan pencernaan. Ketika meminum jus ini, Anda akan lebih sering buang air kecil yang berarti mengeluarkan zat racun dalam tubuh. Agar lebih cepat bereaksi terhadap demam, sebaiknya minumlah jus ini setiap dua jam sekali. Manfaat lainnya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi.

  • Daun tulsi

Masukan sejumput daun tulsi ke secangkir air panas. Tunggu selama 5 menit dan minumlah beberapa kali dalam sehari.

  • Air kanji

Air kanji atau air dari hasil masakan beras sering digunakan masyarakat Asia untuk mengatasi serangan demam. Zat dalam beras berfungsi sebagai diuretik yang memicu rasa ingin buang air kecil. Serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Air Feenugrek/kelabat atau hulbah

Biji-bijian yang satu ini masih asing ditelinga masyarakat, tapi pengobatan menggunakan biji-bijian ini sudah dikeanl sejak jaman Rasulullah. Rendam satu sendok biji Kelabat ini ke dalam setengah cangkir air selama semalaman. Paginya, minumlah saringan air tersebut dengan campuran madu dan melon.

  • Teh

Secangkir teh jahe dapat membuka pori-pori dan membuat badan menjadi berkeringat. Saat demam, sebaiknya konsumsi minuman ini secara rutin agar lebih cepat reda.

Itulah 10 bahan alami yang bisa membantu meredakan dan menurunkan panas demam selain dengan menggunakan obat penurun panas.

| 10 Bahan Alami Untuk Meredakan Panas Demam

10 Bahan Alami Untuk Meredakan Panas Demam Kenmore 17" Microwave
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Demam adalah cara alami tubuh dalam melawan infeksi seperti flu, dll. Gejala yang ditimbulkan saat Anda mengalami flu diantaranya yaitu tubuh menjadi lemas, dan mengeluarkan keringat, sakit kepala, serta hilangnya nafsu makan. Ketika terjadi...
Masalah Kesehatan - by ,
4/ 5stars

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *